Freelancer Merapat! Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyaknya pengeluaran tentu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Terlebih di masa pandemi ini yang mengharuskan kita membeli sejumlah kebutuhan tambahan untuk menjaga kesehatan.

Apalagi untuk kamu yang saat ini masih berstatus freelancer. Tentu harus pintar mengelola pengeluaran agar gak kehabisan uang di tengah jalan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu lebih bijak. Nahm buat kamu para freelancer yuk simak tips mengatur keuangan berikut ini!

  1. Berpikir Sebelum Membeli

Cara pertama ialah berpikir sebelum membeli. Biasakan untuk membedakan mana keperluan dan mana kebutuhan ya.

Dengan membiasakan berpikir sebelum membeli, kamu akan mengontrol keuanganmu. Dengan begitu, pengeluaranmu jadi lebih bijak dan hemat.

2. Pisahkan Uang Ongkos

Sebagai freelancer, beberapa kali mungkin kamu akan berkunjung ke kantor. Untuk itu kamu perlu pisahkan anggaran sendiri untuk uang ongkos.

Usahakan naik angkutan umum dengan tarif paling murah ya. Ini bisa membuat kamu menghemat budget ongkos saat ke kantor.

3. Kurangi Jajan

Sering kali jajan makanan dari luar sangat menggoda iman. Apalagi saat kamu berada di kantor dengan teman-teman.

Nah, sebagai freelancer, ada baiknya kamu mengurangi budget untuk jajan diluar. Uang itu bisa kamu alokasikan ke tabungann untuk dana daruratmu.

4. Coba Investasi

Satu lagi cara tepat mengatur keuangan untuk freelancer ialah mencoba investasi. Tak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit penghasilanmu untuk dikembangkan, seperti melalui deposito, reksadana, dan lain sebagainya.

Namun, pastikan kamu pelajari terlebih dahulu cara berinvestasi ya. Tak ada salahnya untuk menanyakan pada orang yang berpengalaman terkait masalah investasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini