Fakta Sosok Julianto Eka Putra, Pengusaha yang Tersandung Kasus Pelecehan Seksual

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sosok pengusaha sekaligus motivator Julianto Eka Putra tengah menjadi sorotan publik saat ini. Dirinya viral lantaran tersandung dalam kasus pelecehan seksual kepada para anak didiknya.

Hal ini boming setelah presenter Deddy Corbuzier mengunggah konten podcast di kanal YouTubenya, pada Rabu (6/7/2022). Dalam podcast tersebut, Deddy menghadirkan dua orang perempuan, yang mengaku mengalami pelecehan berkali-kali yang dilakukan oleh sang pengusaha, Julianto Eka Putra.

Lalu, seperti apa fakta lain terkait sosok pengusaha Julianto Eka Putra? Berikut ulasannya.

1. Sosok Pengusaha dan Motivator

Julianto Eka Putra dikenal sebagai pebisnis dan motivator JE. Dirinya membangun lebih dari 20 perusahaan di bawah bendera Binar Group. Berpusat di Surabaya, jaringan bisnis yang didirikannya sudah tersebar di berbagai kota, mulai di Jakarta, Makassar, Semarang, Surabaya, Batu, dan di seluruh Indonesia.

Sang motivator JE ini pun pernah diundang oleh Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih pada Agustus 2017 silam. Julianto bercerita tentang lika-liku kehidupannya sebelum mendirikan sekolah gratis untuk siswa kurang mampu.

2. Pendiri SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI)

Pria kelahiran Surabaya itu merupakan pendiri sekolah gratis khusus anak yang tidak mampu dan yatim piatu. Sekolah tersebut bernama SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI), terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

SMA SPI didirikan agar mampu mendongkrak kualitas sumber daya manusia di bidang kewirausahaan dan tak terlepas dari perjalanan karier Julianto sebagai pebisnis.

3. Masuk Nominasi Kick Andy Heroes

Julianto Eka Putra alias motivator JE pernah diundang ke talk show dan masuk dalam nominasi penghargaan Kick Andy Heroes pada tahun 2018.

4. Kisahnya Diangkat Menjadi Film

Kisahnya dianggap menginspirasi banyak orang, sosok motivator JE ini pernah difilmkan dengan judul ‘Say I Love You’ (2019). Film tersebut dibintangi oleh Verdi Solaiman, Dinda Hauw, Aldi Maldini, Rachel Amanda, dan Olga Lidya.

Selain itu, film ‘Anak Garuda’ (2019) yang menceritakan kisah inspiratif perjuangan 7 anak Sekolah Selamat Pagi Indonesia mengejar impian mereka ke Eropa.

5. Menerbitkan Buku Motivasi

Julianto Eka Putra juga merupakan penulis buku motivasi yang berjudul ‘Anda ingin Sukses?’. dengan cover yang terkenal yaitu ‘Selama Tidak Berdosa Lakukan!!!’.

6. Diduga Melakukan Kekerasan Seksual

Pengusaha dan motivator itu diduga melakukan kekerasan seksual, kekerasan fisik dan verbal, serta eksploitasi ekonomi terhadap belasan hingga puluhan siswa SPI. Kasus pelecehan seksual ini disebut telah terjadi sejak belasan tahun silam.

Dari informasi yang didapat, perkara kasus Julianto Eka Putra ini telah disidangkan 19 kali, dan sidang selanjutnya dijadwalkan 20 Juli mendatang.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini