Corona Masuk ke Indonesia! Begini Cara Mudah Buat Masker Sendiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus corona telah masuk ke Indonesia. Masyarakat pun dibuat panik oleh hal tersebut dan mulai memborong masker. Kini telah banyak supermarket yang kehabisan masker. Namun, tidak perlu panik, karena ternyata Anda dapat membuat masker sendiri dan teruji ampuh.

Para ilmuwan di Hong Kong telah menemukan cara murah dan mudah untuk membuat masker buatan sendiri ketika persediaan masker mulai habis di pasaran dan harganya menjadi lebih mahal. Dikutip dari ‘South China Morning Post’, Rumah Sakit Universitas Hong Kong-Shenzhen bekerja sama dengan Science Park untuk merancang metode pembuatan masker rumahan ini.

Joe Fan King Man, asisten kepala eksekutif rumah sakit universitas Hong Kong-Shenzen, mengatakan bahwa masker buatan rumah tersebut telah menjalani tes laboratorium dan terbukti 80 hingga 90 persen menyerupai masker bedah biasa dalam hal penyaringan udara. Namun, Joe Fan King Man mengatakan bahwa masker buatan ini bukanlah pengganti masker bedah, melainkan alternatif sementara.

“Masker buatan rumah hanya hanyalah alternatif bagi mereka yang kehabisan masker, tidak menjadi pengganti masker bedah,” ujar Joe Fan King Man.

Lalu bagaimana langkah-langkah pembuatan masker ini? Simak caranya sebagai berikut:

Untuk membuat masker buatan ini, Bahan yang harus Anda siapkan yaitu tisu gulung dapur, tisu toilet yang tebal, karet gelang, pelubang kertas, double tape, gunting, kawat berlapis plastik, dan penjepit kertas.

Langkah-Langkah :

1. Letakan selembar tisu gulung dapur di tempat yang higenis

2. Timpah tisu gulung dapur dengan tisu toilet. Tisu toilet berfungsi sebagai lapisan dalam masker. Setelah ditimpah, sobek menjadi dua bagian.

3. Setelah disobek, tumpuklah tisu-tisu tersebut sehingga menjadi empat lapisan.

4. Gunakan double tape di sisi-sisi tisu untuk menempelkan tumpukan tisu.

5. Buat dua lubang di tiap sisi dengan pelubang kertas.

6. Tempelkan kawat yang dilapisi dengan plastik pada bagian atas masker, rekatkan dengan double tape. Hal ini berfungsi untuk memberi bentuk pada masker.

7. Terakhir, masukan karet gelang ke dalam lubang masker. Karet gelang ini sebagai pengganti tali.

Catatan : Pihak rumah sakit mengatakan bahan-bahan seperti kertas filter udara dan kain baju tidak bisa digunakan untuk membuat masker ini. (Anis Fairuz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini