Cara Tenang Konsumsi Kue Natal Tanpa Takut Gula Darah Naik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat perayaan Natal, tentu akan banyak hidangan lezat yang tersaji di meja makan. Mulai dari yang gurih sampai yang manis.

Biasanya, Natal juga identik dengan kue-kue kering yang memiliki bentuk lucu menggemaskan. Tak hanya bentuknya yang menarik, rasanya yang manis juga bakal bikin kamu ketagihan.

Sayangnya, jika gak dikontrol dengan baik, kue khas Natal bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu. Khususnya gula darah.

Eits, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menikmati aneka kue saat Natal nanti kok. Biar gula darahmu tetap aman, yuk simak cara di bawah ini agar tenang mengonsumsi kue Natal.

1. Mengontrol Porsi Makan

Meski terasa nikmat, kamu tetap harus jaga porsi makan khususnya untuk kue Natal. Pastikan kamu tidak melahap makanan manis terlalu banyak ya.

Untuk mengontrol porsi kue yang akan dimakan, kamu bisa melihat dari ukuran dan komposisinya. Selain itu, makanlah secara perlahan sehingga makanan bisa dicerna baik oleh tubuh.

2. Pilihlah Karbohidrat yang Aman

Perlu kamu tahu makanan karbohidrat tetap harus dikonsumsi sebagai sumber energimu ya. Namun, mengingat kamu akan mengonsumsi makanan manis, pilihlah jenis karbohidrat yang aman agar tak memperbanyak kadar gula yang masuk ke tubuh.

Karbohidrat yang bisa kamu pilih ialah nasi merah, nasi shirataki hingga roti gandum. Pilihan karbo tersebut bisa membantumi mengurangi asupan gula berlebih.

3.  Olahraga yang Teratur

Usai mengonsumsi makanan manis, jangan lupa lebih aktif bergerak dan rutin melakukan olahraga ya gaes. Olahraga dapat membantu sel-sel di ototmu mengambil lebih banyak glukosa dan mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan gula darah.

Sebelum olahraga pastikan gula darahmu stabil ya. Dilansir dari Hello Sehat, jangan lakukan olahraga saat gula darah di bawah 70-80 mg/dL. Idealnya, olahraga boleh dilakukan jika kadar gula darah berada pada kisaran 160-180 mg/dL.

4. Segera Cek Kadar Gula Darah

Meski kamu sudah mengonsumsi kue Natal dengan sangat hati-hati, cobalah untuk tetap mengecek gula darah di kemudian harinya ya. Mengukur dan memantau kadar glukosa darah juga merupakan cara efektif mengontrol gula darah.

Maka, cobalah mengukur kadar gula kamu usia mengonsumsi makanan manis dan pastikan jika kadar gulamu selalu berada pada batas normal.

5. Mengonsumsi Suplemen

Satu lagi agar tetap tenang saat mencicipi kue Natal ialah mengonsumsi suplemen khusus diabetes. Suplemen berguna untuk menambah asupan vitamin dan mineral di dalam tubuh.

Meski begitu, mengonsumsi suplemen untuk diabetes sebenarnya tidak diharuskan. Apalagi jika kamu telah menerapkan pola makan teratur dan asupan makanan telah memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Namun, jika kamu merasa memerlukannya terutama sehabis mengonsumsi makanan manis, gak ada salahnya kok!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini