Bukan Cuma Air Panas, Mandi dengan Air Dingin Juga Bagus untuk Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak hanya air panas yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mandi dengan air dingin juga bagus.

Mandi adalah rutinitas yang penting dilakukan semua orang. Tak hanya untuk membersihkan tubuh, mandi juga berguna merawat dan menyegarkan. Mandi dengan air dingin bagus untuk kesehatan.

Lantas, apa saja sih manfaat mandi dengan air dingin untuk tubuh?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang mandi dengan air dingin tiap pagi dipercayai meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan virus-virus. Air dingin dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi dengan mendorong darah untuk mengelilingi organ-organ tubuh dan membantu memerangi beberapa masalah kulit dan jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya manfaat mandi dengan air dingin yaitu lemak dalam tubuh akan menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Menurut penelitian, saat tubuh terkena air dingin maka lemak cokelat akan aktif dan kinerjanya meningkat untuk membakar kalori di dalam tubuh.

3. Mengencangkan Kulit

Kebiasaan mandi dengan air dingin selain tubuh sehat maka kulit pun terasa kencang dan lebih sehat. Tidak hanya itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu kulit terlihat lebih halus dan segar.

4. Meningkatkan Energi

Mandi menggunakan air dingin menjadi solusi untuk meningkatkan energi secara alami yang dapat meningkatkan produktivitas. Setelah seharian beraktivitas lalu istirahat, cobalah mandi dengan air dingin di pagi hari. Hal ini akan membantu menghilangkan kelesuan dari tidur semalaman.

5. Mengurangi Stres

Semua orang hampir pasti pernah mengalami rasa stres. Pusing dari pekerjaan atau mungkin ada hal yang lainnya. Namun tahukah kamu mandi air dingin dapat membuat tubuh relaks dengan cara berendam di bawah pancuran air dingin selama sepuluh menit.

Selain itu, kamu juga bisa mengguyur tubuh menggunakan air dingin agar terasa lebih santai dan tekanan pada otot-otot tubuh mulai hilang. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari stres.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini