Bisa Dicegah, Ini 5 Jenis Kanker yang Paling Banyak Diderita Masyarakat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Setiap tahun, 10 juta orang meninggal kerana jenis penyakit yang satu ini.

Pencegahan kanker pun menjadi salah satu tantangan terbesar bagi tenaga kesehatan. Mereka menyarakan berbagai tindakan untuk mencegah kanker seperti menjaga pola makan, mengurangi konsumsi alkohol, meningkatkan aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Lebih dari seratus jenis kanker yang ada saat ini. Meski begitu, ada beberapa jenis kanker yang diderita oleh masyarakat.

Dilansir dari World Cancer Research Fund, kanker payudara dan kanker paru-paru merupakan kanker yang paling umum di duni. Masing-masing kanker itu menyumbang angka 12,3% dari total kasus kanker tahun 2018.

Menurut healthline, kanker payudara tidak hanya diderita oleh perempuan saja, banyak pria yang didiagnosis terkenan kanker yang satu ini. Diperkirakan sebanyak 2.670 pria akan terkena kanker payudara setiap tahunnya dengan angka kematian mencapai 500. Sedangkan pada perempuan, diperkirakan akan muncul kasus baru setiap tahunnya sebanyak 268.600 dengan angka kematian sebesar 41.760.

Tak jauh berbeda dengan kanker payudara, kanker paru-paru diperkirakan akan muncul sebayak 228.150 kasus baru setiap tahunnya. Angka kematiannya pun cukup besar, yakni mencapai 142.670 kasus. Menurut penelitian, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun hanya sebesar 23 persen pada tahun 2008-2014.

Kanker prostat merupakan kanker ketiga paling umum yang diderita masyarakat dunia. Bahkan, kanker ini merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh pria di Amerika Serikat.

Diperkirakan, terdapat 164.690 kasus baru setiap tahunnya dengan angka kematian sebanyak 29.430. Meski begitu, angka kelangsungan hidup 5 tahun pada kanker prostat cukup tinggi, yaitu mencapai 98 persen.

Posisi keempat ditempati oleh kanker kolorektal. Kanker ini mengacu pada kanker yang ditemukan di usus besar atau rektum. Setiap tahunnya diperkirakan akan muncul kasus baru sebanyak 145.600 sedangkan angka kelangsungan hidup mencapai 68%.

Yang terakhir ialah kanker melanoma atau kanker kulit. Kanker ini terdapat pada sel khusus yang mneyusun pigmen pembentuk warna kulit atau melanin.

Meski lebih umum terjadi di kulit, melanoma dapat muncul di mata atau jaringan berpigmen lainnya. Diperkirakan akan muncul 96.480 kasus baru setiap tahunnya dengan angka kematian mencapai 7.230. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun cukup tinggi, yaitu 92 persen.

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini