Bingung Mau Kemana? 5 Tempat Wisata di Jabodetabek Ini Bisa Buat Kamu Relax

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir pekan adalah hari yang paling ditunggu semua orang, setelah merasakan penat melakukan kegiatan dari Senin hingga Jumat, saatnya kamu menikmati hari libur untuk kumpul bersama orang-orang tersayang.

Di akhir pekan kamu bisa mengajak keluarga untuk menikmati tempat wisata yang nyaman dan aman, apalagi jika ada tempat wisata murah meriah yang akan membuat kamu bisa melepas penat.

Inilah daftar rekomendasi tempat wisata di Jabodetabek yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Cekidot!

1. Hutan Kota Depok

Depok cukup beruntung karena memiliki hutan kota yang cukup luas. Berada di dalam area Universitas Indonesia yang membentang antara Depok dan Jakarta Selatan. Luas area ini sebesar 320 Hektar, dan 75 persen wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota yang di dalamnya terdapat 6 danau alam.

Bagi anda yang akhir pekan ingin menikmati penghijauan, kamu bisa datang ke wilayah ini bersama keluargamu. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat jogging, camping, serta sangat cocok untuk diskusi bersama, karena udaranya yang sangat segar apalagi dipinggiran danau. Kamu bisa merasa relax dan tenang ketika melihat penghijauan.

Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok. (Foto: Istimewa)

Biasanya pada minggu pagi dijadikan sebagai tempat car free day oleh warga Depok. Untuk bisa memasuki area ini, Anda bisa masuk dengan gratis, hanya saja untuk hari minggu, wilayah Universitas ini dibuka pukul 09.00 WIB.

Hanya saja jika anda ingin menyewa sepeda yang sudah disediakan di are ini, kamu harus membayar sebesar Rp10.000/jam-nya.

2. Taman Anggrek Ragunan

Taman anggrek yang berada di Jl.Kebagusan Raya, Jakarta Selatan ini sangat dekat dengan Kebun Binatang Ragunan, hanya berjarak 500 meter saja. Di dalam Taman Anggrek Ragunan, terdapat puluhan pedagang yang menjual tanaman khas Indonesia ini.

Taman Anggrek Ragunan. (Foto: Istimewa)

Taman ini sangat cocok bagi kamu dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan menikmati indahnya Anggrek. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencari inspirasi untuk menghiasi rumah agar tidak terlihat gersang. Kamu bisa berunding dengan keluarga untuk menghiasi rumah dengan Bunga Anggrek.

Untuk tiket masuk taman yang buka selama 24 jam ini, Anda hanya perlu membayar sebesar 1.000 rupiah/orang. Namun jika ingin membeli Bunga Anggrek, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari 25.000 rupiah untuk satu tanaman

3. Setu Babakan Kampung Betawi

Setu Babakan Kampung Betawi ini merupakan objek wisata dengan suasana khas budaya Betawi asli. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi. Seperti bangunan, dialek bahasa, seni tari, seni musik, dan seni drama.

Wisatawan yang berkunjung di Kawasan ini tidak dikenai biaya tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan berkisar 2.000 hingga 5.000 rupiah.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk berwisata ditempat ini sambil mengenalkan budaya Betawi.

Kampung Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

Dengan luas sebesar 3,2 Hektar, tempat ini mempunyai keindahan tersendiri dengan seni dan adat yang masih kental. Tempat ini dilengkapi dengan museum sejarah dan purbakala. Selain itu terdapat juga gedung teater dan gedung modern bernuansa Betawi.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Jl. Moch. Kahfi II RT 009 / RW 008, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan.

4. Curug Parigi

Bekasi tidak hanya terkenal sebagai Kota Wisata Belanja, namun di Bekasi ternyata ada arir terjunnya juga lho! Curug Parigi terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Pangkalan 5, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Curug Parigi. (Foto: Istimewa)

Air terjun tersebut tampak seperti Air Terjun Niagara versi mini yang terkenal di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat. Suara percikan air terjun yang mengalir deras, dengan pemandangan alam terbentang hijau yang mengelilinginya akan membuat anda semakin terkagum-kagum atas ciptaan yang Maha Kuasa.

Untuk bisa masuk ke sana, kamu akan diberikan selembar kertas yang berisi biaya masuk mobil sebesar Rp 10.000, motor Rp 5.000, dan sepeda Rp 2.000.

5. Monumen Nasional

Tempat wisata yang menjadi ikon Jakarta ini setiap harinya ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar Jabodetabek.

Berada di pusat kota, Monas menjadi tempat wajib yang harus dikunjung bagi Anda yang datang dari luar kota. Tempat wisata yang berada tepat di belakang Stasiun Gambir ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga, tempatnya yang luas dan pemandangannya yang indah, menjadikan monas semakin digemari. Monas buka dari pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB.

Apalagi jika dilihat dari tiket masuk Monumen Nasional yang terbilang murah. Dikutip dari akun resmi @monumen.nasional, tiket masuk ke cawan Monumen Nasional sebesar 2.000 hingga 5.000 Rupiah, sedangkan untuk bisa naik ke puncak dikenakan biaya sebesar 4.000 hingga 15.000 Rupiah.

View this post on Instagram

Hallo Sahabat Monas, Kita Ada Info Tentang Harga Tiket Masuk Tugu Monas, Di simak yah. ▪ Dewasa : Rp. 5.000 Anak/ Pelajar : Rp. 2.000 Mahasiswa : Rp. 3.000 Hanya Sampai Ruang Museum, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan ▪ Dewasa : Rp. 15.000 Anak/ Pelajar : Rp. 4.000 Mahasiswa : Rp. 8.000 Sampai Pelataran Puncak dan Sudah Termasuk Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan. ▪ Untuk Rombongan minimal 30 Orang dapat diskon 25% ( bayar di tempat ) #Masuk Menggunakan Kartu Jakcard Harga kartu : 15.000 Saldo Awal : 20.000 Total harga kartu perdana Jakcard 35.000 ▪ # Bagi Mahasiswa Mohon Menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa Kepada Petugas Loket dan Taping # ▪ Bagi Lansia (umur 60th ke Atas), penyandang Disabilitas BerKTP DKI Jakarta, dan Pemegang KJP Masuk GRATIS hanya sampai Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, Dan Pelataran Cawan (WAJIB MENUNJUKAN KTP DKI) ▪ Waktu Kunjungan Tugu Monas Selasa – Minggu Pukul 08.00 – 21.00 WIB ( Senin TUTUP KECUALI Hari Libur Nasional atau Tanggal Merah Jatuh Pada Hari Senin Monas Tetap Buka )

A post shared by Monumen Nasional (Monas) (@monumen.nasional) on

(Mila)

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini