Bikin Pintar! Ini 6 Situs Belajar Online Buat Para Pelajar SD-SMA/K

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Kamis 23 Juli 2020, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tahun ini, Hari Anak Nasional digelar kembali dengan tema baru yakni “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Melalui perayaan Hari Anak Nasional di masa pandemi COVID-19 ini, seluruh pihak diharapkan lebih peduli pada hak dan perlindungan anak, salah satunya yang paling penting adalah bidang pendidikan. Hingga saat ini, kegiatan belajar mengajar masih ada yang dilakukan secara online.

Untuk mempermudah anak-anak memahami lebih dalam materi yang diajarkan guru, berikut 6 rekomendasi situs belajar online yang bisa bikin Kamu tambah pintar:

BACA JUGA: Selamat Hari Anak Nasional! Ini Sejarahnya hingga Akhirnya Diresmikan Soeharto

1. Ruangguru 

Saat ini, Ruangguru menjadi situs bimbingan belajar online terbesar di Indonesia. Ruangguru menyediakan materi pendidikan untuk pelajar SD sampai SMA.

Merespons imbauan pemerintah untuk sekolah di rumah selama pandemi Covid 19, Ruangguru menyediakan pembelajaran live teaching. Pembelajaran secara langsung setiap Senin sampai Jumat pukul 8.00 sampai 12.00, mulai 16 Maret 2020 lalu.

Di situs ini kamu bisa pilih beberapa program seperti lesonline, ruanguji, atau ruangles. Kamu bisa mengaksesnya dengan membuka situs belajar online Ruangguru atau mengunduh aplikasinya di Playstore atau App Store.

Klik di sini untuk berlajar di Ruangguru!

2. Zenius

Sama seperti Ruangguru, Zenius menyediakan materi-materi pendidikan untuk siswa SD sampai SMA. Materinya tersedia dalam bentuk video berbahasa Indonesia dan buku elektronik (e-book) untuk kumpulan soal Ujian Nasional.

Banyak pengguna yang merekomendasikan situs belajar ini secara khusus untuk anak IPA. Hal itu karena Zenius mengajarkan penurunan rumus dari rumus dasar yang tidak dibahas di platform lain dan di sekolah juga.

Zenius bisa mengakses website belajar online ini di www.zenius.net atau dengan mengunduh aplikasinya di Playstore. Tinggal pilih mana yang paling nyaman menurut Kamu.

Klik di sini untuk berlajar di Zenius!

3. Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga tak mau ketinggalan dalam menyediakan situs belajar online untuk anak. Rumah Belajar yang dibuat Kemdikbud menyediakan aneka materi pelajaran yang diperuntukan bagi anak PAUD hingga SMA/K.

Meski diakses secara gratis, Anda tak perlu cemas, sebab materi pelajaran di Rumah Belajar dikemas menarik dengan aneka gambar, animasi, dan video. Di setiap pembelajaran akan diakhiri dengan latihan soal untuk mengukur kemampuan anak terhadap materi yang sudah dipelajarinya, Moms.

Caranya mengaksesnya cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi di situs Rumah Belajar atau mengunduh aplikasinya di Play Store. Klik di sini untuk berlajar di Rumah Belajar!

4. Indonesia Montessori

Montessori merupakan sebuah metode pendidikan untuk mengembangkan potensi anak secara emosional, kognitif, fisik dan sosial melalui interaksi daripada instruksi langsung. Metode ini digunakan untuk mendorong agar anak-anak bisa membuat pilihan kegiatan yang sesuai dalam memandu prosesnya.

Di masa pandemi seperti ini, di mana masih ada siswa yang melakukan kegiatan belajar dari rumah, IMC menyediakan 500 lembar lebih kegiatan montessori yang bisa Anda unduh secara gratis. Dan, siapa pun bisa mengakses dan mengunduhnya.

Untuk bisa mengunduh lembar kegiatan itu, Kamu hanya perlu mengunjungi situs Indonesia Montessorji dengan cara klik di sini!

5. Brainly

“Dari bertanya jadi mengerti” merupakan slogan situs yang berdiri sejak 2009 di Polandia ini. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran yang bisa digunakan oleh siswa, guru, bahkan orang tua.

Situs belajar online ini lebih seru dan interaktif karena kamu bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang dikelompokkan ke beberapa bidang studi. Ada tab untuk subjek History, Math, Language, Social Studies, SAT, dan pertanyaan ilmu pengetahuan umum lainnya.

Mempunyai sistem seperti Yahoo! Answers, Brainly telah membantu jutaan siswa di seluruh dunia mendapatkan jawaban untuk tugas-tugas mereka. kamu juga bisa menggunakan Brainly untuk mengeksplor kemampuan mengajarmu melalui tulisan.

Klik di sini untuk berlajar di Brainly!

6. Kelas Pintar

Website belajar gratis kepunyaan PT Extramarks Education ini menyediakan pembelajaran untuk kelas 1 sampai 12. Materinya pembelajarannya sesuai kurikulum dan jumlah mata pelajaran.

Di kelas pintar, Kamu bisa belajar melalui video animasi, audio-visual, dan ebook. Metode belajar yang interaktif akan membuat kegiatan belajar jadi lebih mudah.

Metode pembelajarannya menggunakan pendekatan total learning yaitu learn, practise, dan test. Tidak hanya itu saja, Kelas Pintar juga memberikan akses gratis pada sekolah mana pun yang ingin menggunakan solusi belajar online ini.

Klik di sini untuk berlajar di Kelas Pintar!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini