Bersihkan Pembuluh Darah dengan 5 Makanan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahukah kamu menjaga kesehatan pembuluh darah sangat penting untuk kesehatan organ tubuhmu. Dan tahukah kamu pembuluh darah bisa tersumbat jika kamu tak menjaga pola hidup sehat.

Penyumbatan pembuluh darah merupakan penyakit yang tak bisa disepelekan. Jika tidak dijaga, maka kondisi kesehatanmu bisa jadi taruhannya.

Perlu kamu tahu, sistem peredarah darah terdiri dari tiga organ utama, yaitu pembuluh darah, jantung dan darah. Ketiga organ tersebut merupakan bagian yang penting untuk menjaga organ tubuh lainnya bekerja dengan baik.

Salah satunya yang memiliki peran penting ialah pembuluh darah. Pembuluh darah, terutama bagian arteri bertugas mengantarkan darah dari jantung ke organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, pembuluh darah harus tetap sehat dan bersih dan terhindar dari plak yang bisa menyumbat.

Namun bagaimana caranya menjaga dan membersihkan pembuluh darah?

Jawabannya ialah dengan makanan. Ada beberapa makanan yang bisa membersihkan pembuluh darahmu dari plak agar terhindar dari penyumbatan yang bisa beresiko komplikasi ke penyakit lain. Apa saja sih makanannya?

1. Alpukat

Dikutip dari Healthline, alpukat adalah kabar baik untuk kamu yang mencari makanan tuk membersihkan pembuluh darah. Alpukat bisa meningkatkan kolesterol baik dan sekaligus menurunkan kolesterol jahatmu.

Gak cuma itu, buah yang baik untuk jantung ini bisa kamu konsumsi sehari-hari sebagai pengganti mayonaise loh. Cukup haluskan alpukat menjadi bubur, lalu oleskan ke roti ataupun makanan yang biasa kamu tambahkan mayonaise.

2. Kacang-kacangan

Tentu makanan ini jadi favorit banyak orang, baik untuk kudapan atau komponen dengan makanan lainnya. Nah, gak cuma enak dikonsumsi, kacang-kacangan juga bisa membersihkan pembuluh darahmu dari plak loh.

Kacang merupakan makanan yang baik untuk jantung. Kacang kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan serat. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond, mete dan jenis kacang kainnya dikenal kaya akan magnesium.

Zat tersebut bagus loh untuk menghalangi penumpukan plak kolesterol di arteri pembuluh darah. Serta, magnesium juga bisa bantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

3. Bawang Putih

Siapa yang tak suka bawang putih? Kalau kamu tak suka dengan bumbu dapur satu ini, maka kamu kehilangan satu makanan yang bisa membersihkan pembuluh darahmu.

Bawang putih merupakan makanan yang kaya antioksidan yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di arteri dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bawang putih dikenal memiliki kandungan vitamin B yang bisa mengurangi pengerasan pembuluj darah, sehingga mencegah pembekuan darah.

Dikutip dari berbagai sumber, cara terbaik untuk mengkonsumsi bawang putih untuk membersihkan pembuluh darah ialah memakannya saat perut kosong. Tapi, kamu juga bisa menggabungkannya dengan bahan alami lainnya, seperti lemon sebelum mengkonsumsi.

Namun, cara mengkonsumsi bawang putih seperti ini tak disarankan untuk kamu yang memiliki penyakit mag ya.

4. Apel

Buat yang gak suka bawang putih, jangan sedih. Ada buah-buahan yang segar dan enak tapi juga bisa membersihkan pembuluh darahmu loh. Yap! Ada buah apel yang bisa kamu konsumsi.

Apel mengandung serat yang menurunkan kolesterol dan flavonoid yang bisa mengurangi resiko serangan jantung hingga 50 persen. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa memakannya langsung atau dibuat jus dan dicampurkan dengan wortel.

5. Brokoli

Bosan dengan buah, kamu bisa mengkonsumsi sayur brokoli yang menyehatkan ini. Dilansir dari Healthline, brokoli mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Sayur-sayuran seperti brokoli, telah terbukti secara khusus mampu mencegah penyumbatan arteri pada pembuluh darah. Gak cuma itu, mengkonsumsi brokoli juga bisa melindungimu dari penyakit vaskular.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini