Begini Pola Hidup Sehat usai Idap Kanker Limfoma seperti Ari Lasso

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyanyi Ari Lasso sempat mengidap penyakit kanker Limfoma dan kini sudah dinyatakan sembuh. Penting bagi penyintas atau yang masih mengidap kanker untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

Kanker limfoma adalah sejenis kanker darah yang menyerang kelenjar getah bening. Gangguan dapat menimbulkan pembengkakan dan menimbulkan kelainan pada limfosit atau sel darah putih.

Seseorang yang tengah dalam pengobatan dari kanker ini perlu menerapkan pola hidup sehat. Sebab, cara ini mampu mengurangi efek samping yang timbul selama pengobatan dilakukan.

Pola hidup sehat untuk seseorang yang mengalami masalah pada limfoma ini layaknya kebiasaan sehat pada umumnya. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh menjadi lebih kuat, energi dapat terjaga dengan baik, serta sistem imunitas mendapat dukungan.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat
    Cara pertama terkait pola hidup sehat yang perlu dilakukan adalah lebih banyak mengonsumsi makanan sehat. Diet sehat ini perlu perencanaan makanan yang seimbang dan bergizi, seperti:
  • Kaya karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian atau gandum.
    Makanan kaya protein tanpa lemak.
  • Produk susu.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Konsumsi lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Selain itu, pembatasan konsumsi gula juga perlu dilakukan. Zat ini tidak boleh lebih dari 10 persen asupan kalori harian. Di sisi lain, konsumsi gara juga harus kurang dari 2.300 mg per hari.

  1. Menjaga Kebersihan Makanan
    Selama perawatan kanker limfoma, tubuh lebih rentan terserang penyakit dan infeksi dari makanan. Maka dari itu, penting untuk tahu cara mengurangi risiko tersebut dengan menjaga kebersihan makanan, seperti:
  • Lebih sering mencuci tangan.
  • Memastikan semua permukaan dari alat memasak benar-benar bersih.
  • Mencuci semua bahan makanan sebelum dikupas.
  • Hindari konsumsi daging mentah, telur, dan kecambah.
  • Hindari konsumsi susu, keju, dan jus yang tidak dipasteurisasi.
  • Rajin memeriksa makanan sebelum diolah, termasuk tanggal kadaluarsanya.
  1. Jaga Kebugaran Tubuh
    Selama proses penyembuhan kanker limfoma penting untuk menjaga stamina dengan menjaga kebugaran tubuh. Caranya adalah berolahraga secara teratur yang dapat mempercepat pemulihan, serta mampu mengurangi kecemasan dan kelelahan, meningkatkan fungsi jantung, hingga mengembalikan kepercayaan diri.

Sebelum itu, ada baiknya bertanya pada dokter tentang tingkat intensitas yang diperbolehkan dan batasannya. Sebab, seseorang yang dalam pengobatan kemoterapi perlu menurunkan kebugarannya.

  1. Tetap Makan Meski Tidak Nafsu
    Salah satu efek samping yang jarang dari perawatan kanker limfoma adalah tidak memiliki nafsu makan. Ini bisa terjadi saat seseorang menjalani pengobatan kemoterapi.

Jika merasa kesulitan untuk mengonsumsi makanan padat, cobalah untuk memilih sesuatu yang cair, seperti protein shake, jus dengan buah alami, dan sup tanpa garam. Dengan begitu, asupan makanan lebih mudah ditelan dan tubuh tetap memiliki tenaga untuk kembali bugar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini