Baik Diminum Saat Sahur, Madu Bisa Cegah Kanker Hingga Perkuat Imun Tubuh

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Madu memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, dari mulai menjaga kesehatan pencernaan hingga daya tahan tubuh terlebih saat berpuasa.

Selama berpuasa, tentu mengonsumsi madu bisa dilakukan. Madu bisa dicampur dengan air hangat dan diminum saat sahur. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral hingga antioksidan yang bisa menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga. Berikut manfaat madu bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Madu Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Madu bisa menghambat pertumbuhan kanker sehingga sel-selnya tidak terus tumbuh. Proses penyebaran sel kanker juga akan terhambat sehingga penyembuhan kanker akan lebih cepat.

2. Mengurangi Gangguan Pencernaan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu juga dapat membantu gangguan seperti maag dan gastroenteritis bakteri. Viskositas pada madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai anti bakteri.

3. Anti-bakteri dan Anti-jamur

“Semua madu bersifat antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang bisa menghasilkan hidrogen peroksida,” kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di Universitas Waikato di Selandia Baru.

4. Meredakan Batuk

Madu dapat membantu pengobatan batuk, terutama madu Buckwheat. Dalam sebuah penelitian terhadap 105 anak-anak, satu dosis madu Buckwheat sama efektifnya dengan dekstrometorfan dosis yang ada pada obat batuk.

5. Pengobatan Gula Darah

Meskipun mengandung sedikit gula, tetapi gula disini bukan seperti gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi tepat antara fruktosa dan glukosa sebenarnya dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memang memiliki indeks hipoglikemik yang rendah.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah studi di School of Medicine, Universitas Cardiff, Inggris. Madu Manuka telah ditemukan dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Ketika musim dingin, madu Buckwheat harus ada di kotak obat Anda, karena madu tinggi antioksidan dan benar-benar bisa menambah sistem kekebalan tubuh.

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini