Anemia Buat Berat Badan Sering Turun, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah memang membuat penderitanya tak nyaman. Sebab, pasien anemia kerap kali merasa lemas dan letih saat beraktivitas.

Anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang mencukupi. Sel tersebut menyebar di seluruh tubuh bersamaan dengan zat besi dan hemoglobin, yang berguna untuk membawa oksigen di aliran darah ke semua organ.

Tak hanya itu, beberapa orang juga percaya bahwa anemia bisa mempengaruhi berat badan. Mereka yakin bahwa kurangnya sel darah merah bisa membuat berat badan turun.

Mitos atau fakta ya?

Jawabannya ialah fakta. Dilansir Halodoc, kadar zat besi yang rendah di dalam aliran darah akibat anemia dapat menjadi penyebab nafsu makan seseorang berkurang.

Hal tersebut membuat penderita anemia tak selalu ingin makan. Bahkan mereka juga kerap merasa jarang ingin makan.

Sayangnya, fakta tersebut merupakan hal yang tak baik untuk penderita anemia. Dampak buruk itu dapat menyebabkan terjadinya penurunan berat badan, energi rendah, tubuh yang lemah dan lelah, serta mudah lelah saat berolahraga.

Jika kamu mengalami hal di atas, ada baiknya segera mengonsumsi multivitamin untuk memberi energi pada tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan zat besi dan vitamin C tinggi seperti bayam dan buah-buahan.

Jika gangguan anemia yang terjadi sudah parah, segera konsultasikan ke dokter ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini