Ajak Main Kartu, Senjata Ampuh Alihkan Perhatian Anak dari Elektronik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam satu dekade terakhir, peranan ponsel bisa dibilang mendominasi berbagai sektor kehidupan umat manusia. Dan ponsel menjadi satu-satunya perangkat yang tidak bisa lepas selama 24 jam penuh.

Dalam survei Time Mobility yang digelar Qualcomm bersama majalah Time, banyak ditemukan keunikan menarik yang memang tak bisa kita pungkiri faktanya. Hasil dari survei ini juga mengungkapkan bagaimana perangkat mobile telah mengubah dunia.

Ponsel pula yang menjadi senjata ampuh sebagian orang tua untuk membuat buah hati mereka tenang, tidak lagi menangis, dan betah di rumah. Sayangnya, hal ini justru dapat menyebabkan anak-anak kecanduan bermain ponsel atau gadget.

Kecanduan gadget tidak boleh dianggap enteng! Pasalnya, kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatannya dalam jangka panjang. Jika si kecil sudah kecanduan, orangtua harus bekerja keras untuk menghentikannya.

Lantas bagaimana mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget? Pertama yang harus Anda ketahui, penting untuk membangun ikatan dengan anak-anak Anda dan memperkenalkan mereka pada permainan tanpa melihat layar. Selain mengurangi ketergantungan pada elektronik, ini juga dapat meningkatkan keterampilan mereka.

Melansir Times of India, berikut beberapa permainan menyenangkan yang dapat Anda mainkan dengan anak-anak dan memperkenalkan mereka ke dunia di mana elektronik tidak ada.

Malam permainan papan

Cara terbaik untuk menciptakan ikatan dengan anak-anak Anda dan menjauhkan mereka dari teknologi adalah dengan permainan papan. Ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan mereka tetapi juga mengalihkan perhatian mereka dari gadget.

Balik kartunya

Cara lain untuk menghabiskan waktu dan mengalihkan pandangan mereka dari gadget adalah dengan bermain kartu. Anda dapat memainkan banyak permainan kartu dan ada berbagai jenis kartu UNO yang dapat Anda mainkan bersama anak Anda. Kemudian permainan kartu memori yang dapat meningkatkan keterampilan memori dan kemampuan berhitung.

Eksperimen sains

Anda dapat melakukan eksperimen sains di rumah dengan mereka. Ini akan membantu dalam meningkatkan pengetahuan mereka dan memperkenalkan mereka ke dunia sains. Salah satu eksperimen mudah yang dapat Anda lakukan adalah:

Ambil semangkuk susu dan taburkan merica di atasnya. Celupkan jari Anda ke dalam mangkuk, lada akan menempel di jari Anda. Sekarang taruh sabun di jari Anda dan celupkan lagi ke dalam mangkuk. Lada akan menjauh dari jari Anda. Masih banyak eksperimen menyenangkan di internet yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak.

Lakukan permainan imajinatif

Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan imajinasi anak Anda dan melihat sisi kreatif mereka. Anda dapat memutuskan hari di mana mereka akan menulis cerita dan menampilkannya. Anda juga dapat mengundang teman dan keluarga Anda agar suasana menjadi lebih ceria.

DIY tie-dye

Ini adalah tren yang mengambil alih internet. Anda dapat mengambil beberapa pakaian putih tua dan beberapa pewarna pakaian. Isi pewarna dalam botol dan berikan kepada anak Anda. Sekarang biarkan sisi kreatif mereka mengambil tantangan ini. Mereka akan menjauh dari elektronik dan Anda mendapatkan pakaian baru.

Well, sederet permainan ini bisa membuat anak-anak bahagia dan Anda dapat meningkatkan ikatan Anda dengan mereka. Kegiatan ini juga akan menghidupkan memori Anda akan masa kecil yang indah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini