6 Sumber Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain olahraga, untuk menurunkan berat badan kita juga perlu menjaga pola makan salah satunya dengan mengurangi karbohidrat dan menambah asupan protein.

Saat diet, konsumsi protein sangat penting. Selain menjadi sumber energi, protein juga dapat membantu sistem metabolisme serta menjaga fungsi optimal organ.

Nah, jika kamu ingin tahu protein apa saja yang wajib ada di dalam menu diet, berikut ini makanan sumber protein terbaik untuk menurunkan berat badan.

1. Dada Ayam

Dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak. Mayoritas kalorinya berasal langsung dari protein saat disajikan tanpa kulit ayam. Sebanyak 136 gram dada ayam tanpa kulit menyediakan sekitar 26 gram sumber protein terpercaya.

2. Telur

Satu butir telur menghasilkan sekitar enam gram protein. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena mengenyangkan dan mengandung protein tinggi.

3. Tempe dan Tahu

Tempe maupun tahu merupakan olahan kedelai yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dan probiotik kamu. Tahu dan tempe sangat cocok dijadikan menu diet untuk makan malam maupun sarapan, selain membuat perut kenyang lebih lama kamu juga bisa tidur lebih nyenyak. Sumber gizi pada kedelai juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menjaga berat badan, mencegah osteoporosis dan masih banyak lagi.

4. Susu

Selain berbagai makanan, hidangan lainnya yang juga mengandung protein adalah susu murni. Susu dapat memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk menjaga perut kenyang lebih lama serta memperkuat tulang. Meski demikian sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi susu karena kandungan tinggi lemak. Sebaiknya imbangi dengan makanan lainnya.

5. Kacang-kacangan

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung protein tinggi di antaranya, kacang tanah, almond, mete, kacang kedelai, kacang merah dan masih banyak lagi. Selain kaya protein, aneka kacang tersebut sering kali dijadikan cemilan diet yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Cemilan diet dengan kacang juga bisa kamu andalkan untuk menunda rasa lapar sehingga sangat efektif membantu program diet.

6. Salmon

Meskipun harganya tidak murah, salmon merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang saat makan.

Walaupun salmon adalah ikan berlemak, namun makanan berlemak tidak selalu berarti menambah berat badan. Ikan mengandung asam lemak omega-3 esensial, yang harus kamu peroleh dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya.

Nah daftar makanan sumber protein di atas bisa kamu olah sesukamu, tapi ingat jangan berlebihan mengonsumsiny. Sesuaikan dengan kebutuhan gizimu. Setelah itu imbangi dengan olahraga agar diet yang kamu jalani berjalan lancar.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini