5 Kuliner Khas Papua Ini Bisa Kamu Santap di Rumah Bersama Keluarga, Ada Udang Selingkuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wilayah timur tepatnya Papua menjadi tempat paling menarik berlibur bersama dengan keluarga. Pemandangan yang indah jauh dari kebisingan ibu kota menjadi daya tarik lain bagi pelancong lokal maupun mancanegara.

Ternyata tidak hanya pemandangan saja yang indah, tetapi kuliner di sana juga unik dan lezat. Gak usah jauh-jauh buat makan di sana, kamu juga bisa mencobanya di rumah makan bareng keluarga. Apa saja kuliner yang ada di Papua? Berikut daftarnya!

1. Papeda

Makanan yang satu ini udah gak asing lagi di telinga masyarakat. Tapi beda dengan papeda yang biasa dijual abang-abang di jalan.

Papeda buatan Papua dibuat dengan bahan sagu asli yang memiliki rasa tawar. Oleh karena itu, papeda lebih mantap jika disajikan dengan lauk pauk lainnya. Biasanya yang menjadi pendamping papeda kuah bening dan ikan bakar.

2. Martabak sagu

Sama-sama berbahan dasar sagu, tapi sagu yang satu ini berbentuk padat dan tidak lengket seperti papeda. Membuatnya juga tidak terlalu sulit. Sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng selama beberapa menit, setelah itu diangkat tambahkan gula merah pada bagain dalamnya.

View this post on Instagram

#MARTABAKSAGU Martabak ini  diolah dari bahan sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan diberi gula aren atau merah. Martabak yang berasa dari Kabupaten Fakfak ini berbeda dengan martabak yang biasa Anda temui di daerah lain seperti martabak manis atau martabak telor. Hal yang paling membedakan adalah bahan pokoknya, yaitu sagu. Rasa makanan khas ini cukup enak dan manis juga tidak kalah dengan martabak jenis martabak yang sudah umum Anda makan seperti martabak manis. Jika anda penasaran anda langsung bisa temukan di Fakfak karena martabak ini banyak ditemukan di Kabupaten ini. Rasa dari Martabak Sagu khas Papua ini sangat legit dan manis. Rasa manis sendiri berasal dari campuran gula aren atau gula merah. Makanan ini biasanya di sajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu oleh masyarakat Papua, khususnya oleh masyarakat Papua Barat. #martabak #papua #papuabarat #fakfak #kulinerPapua #kuliner #food #foodporn #instafood #kulinerindonesia #indonesia #makanenak #makanan #cemilan #jajanan #foodstagram #snack #makan #wisatakuliner #foodie #kulinernusantara #enak #kulinerenak #culinary #foodphotography #makananenak #yummy #foodies #icipiniki

A post shared by icipiniki.id || #icipiniki (@icipiniki) on

3. Udang selingkuh

Udang yang satu ini memiliki capit besar seperti kepiting, tetapi berbadan seperti layaknya udang.

Cara memasaknya juga mudah bisa dengan direbus maupun digoreng. Kalau mau lebih lezat menyantapnya bisa dengan menambahkan bumbu saus tiram, mentega, atau lelehan keju mozarela.

View this post on Instagram

•• Kuliner Papua! (2) 4. Udang Selingkuh Nama makanan yang satu ini memang membuat kita tersenyum. Ada alasan bagi masyarakat Papua menamakan makanan ini dengan nama Udang Selingkuh. Diberi nama demikian karena tubuh udang ini seperti udang pada umumnya, tapi memiliki capit yang cukup besar seperti kepiting. Udang selingkuh memang berbeda spesies dengan udang yang biasa kita makan. Daging udang ini sedikit lembut, berserat, dan rasanya manis seperti lobster. Sebelum disantap, udang selingkuh bisa dimasak dengan berbagai cara, mulai dari direbus, digoreng, dibakar, atau ditumis bersama dengan saus tiram atau saus Padang*. • #Kemenpora #DisordaPapua #PON2020 #PONPapua2020 #PDTPPANPapua2018 #PPANPapua #CIPYSSEAYP2018 #IKYEP2018 #udangselingkuh #kulinerpapua #culinary #cheraxalbertisii • *Sumber: Artikel: https://bacaterus.com/makanan-khas-papua/ gambar: travel.detik.com

A post shared by Jeremiah Fakdawer (@jerryfakdawer) on

4. Sagu lempeng

Mirip dengan bentuk roti tawar tapi tekstur sagu lempeng memang lebih keras. Cara membuatnya tidak terlalu sulit cukup dengan tepung sagu asli dipangang menggunakan cetakkan.

Meskipun lempengan sagu agak sedikit menyiksa gigi makanan ini paling cocok ditemani dengan teh manis agar tekstur kerasnya bisa sedikit luntur.

View this post on Instagram

Kerusuhan di Wamena kemarin mengingatkan pada lempeng sagu ini… ⁣⁣ ⁣⁣ Wamena punya roti khasnya sendiri, ia adalah sagu yang berbentuk berlempeng-lempengan. Biasa disebut sagu lempeng. ⁣⁣ ⁣⁣ Makanan ini pembuatannya mirip dengan roti pada umumnya, yakni dibakar dan dicetak dengan persegi panjang atau empat yang terbuat dari besi. ⁣⁣ ⁣⁣ Rasa awalnya adalah tawar, tapi seiring waktu mulai bervariasi seperti diberi isian gula untuk mendapatkan rasa manis. ⁣⁣ ⁣⁣ Teksturnya keras, jadi biasa dinikmati dengan dicelupkan ke air, kopi, atau teh agar lebih lunak. ⁣⁣ ⁣⁣ Sagu lempeng juga jadi oleh-oleh yang wajib dibeli saat melancong ke Bumi Cendrawasih. ⁣⁣ ⁣⁣ Teman-teman di Wamena, Papua. Neng Bela Turut berduka atas kerusuhan yang terjadi. Semoga situasi segera kondusif lagi ya. ⁣⁣ ⁣⁣ Foto sagu lempeng oleh @ira.kusumawardhani⁣ Terima kasih ka fotonya. ⁣ #sagulempeng #makananpapua #makananwamena #kulinerindonesia #belangacitarasa #belangaindonesia

A post shared by Belanga.id | Media Kuliner (@belanga.id) on

5. Aunu Senebre

Makanan tradisonal Papua yang satu ini pernah menjadi salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) II Tahun 2017 dalam kategori makanan tradisional terpopuler.

Bahan pokok makanan ini ialah ikan teri. Cara membuatnya hampir sama dengan nasi goreng, semua bahan dicampurkan jadi satu. Yang membedakan, setelah digoreng ditambahkan dengan daun talas dan parutan kelapa di atasnya.

Setelah dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus. Aunu Senebre siap disantap langsung maupun ditemanin papeda.

View this post on Instagram

PAPUA BARAT 2 Nominasi Anugerah Persona Indonesia 2017 Prop Papua Barat 1. Tapurarang – Kab. Fakfak (3) 2. Aunu Senebre – Papua Barat (4) Ayo dukung pariwisata favoritmu, agar menjadi yang terpopuler! Vote melalui web http://AnugerahPesonaIndonesia.com atau SMS ke 99386 . #AnugerahPesonaIndonesia #APIaward2017 #PesonaIndonesia #XplorNusantara #propinsi #PariwisataIndonesia #PariwisataTerpopuler #WisataPopuler #WonderfulIndonesia #Tourism #Culture #Culinary #Adventure #History #Leisure #IndonesiaItuIndah from @indonesia360net – #Aunusenebre salah satu makanan #khasPapua yang sangat enak dan terbuat dari ikan teri. Ikan teri termasuk jenis ikan yang banyak ada di perairan Papua dan dijual dengan harga yang murah namun memiliki kandungan gizi yang tinggi. . Khasiat pada #ikanTeri berasal dari kandungan protein yang tinggi. Aunu Senebre dimasak dengan mencampurkan ikan teri nasi, daun talas dan batangnya dengan tambahan garam, dikukus selama 25 menit dengan api sedang. Akan sangat nikmat jika disantap dengan #papeda atau nasi putih. . sumber : plimbi.com indonesia360.net 17062017.2.5 . #indonesia360 #indonesia #indonesia360net #jelajahkuliner #kulinerIndonesia

A post shared by Anugerah Pesona Indonesia (@apiaward) on

(Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini