Wow Mantap, Angka Partisipasi Pemilih di Brasil Capai 100 Persen

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Satu lagi catatan positif dalam pemungutan suara Pemilu 2019 yang digelar di luar negeri. Di Brasil, pemilih yang terdaftar disebut telah berpartisipasi hingga 100 persen.

Hal itu terbukti dari seluruh surat suara yang diterima untuk pencoblosan di TPS 001 Brasilia sudah dimanfaatkan semuanya, baik oleh pemilih di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Dalam keterangan tertulisnya, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Brasilia bersama KPPSLN Brasilia, KPPLN Sao Paulo dan KPPSLN Metode Pos, telah sama-sama menyelenggarakan pemungutan suara di wilayah kerja Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brasilia, Minggu 14 April 2019 lalu.

“Sepertiga dari total pemilih telah datang ke TPS 001 sejak pukul 08.00,” ujar Ketua PPLN Brasilia Sudarsono Soedirlan.

PPLN Brasilia juga memastikan pemungutan suara yang diikuti WNI yang tinggal di berbagai negara bagian di Brasil berlangsung aman dan penuh kemeriahan.

PPLN Brasilia telah membentuk dua TPS dan satu TPS Pos untuk mengakomodasi para pemilih yang tersebar di 26 negara bagian di Brazil dan satu Distrik Federal.

PPLN Brasilia untuk pertama kalinya membentuk TPS Sao Paulo karena banyaknya minat pemilih yang ingin memberikan suara ke TPS.

Mengingat karakteristik wilayah Brasil yang sangat luas dan sebaran pemilih yang berdomisili jauh dari Brasilia maupun Sao Paulo, sekitar 56,08 persen pemilih telah menyatakan memberikan suara melalui pos; 32,1 persen pemilih memberikan suaranya di TPS 002 Sao Paulo; dan 11,82 persen pemilih memberikan suaranya di TPS 001 Brasilia.

Sebanyak 97,7 persen pemilih yang ikut memberikan suaranya di wilayah kerja PPLN Brasilia merupakan Pemilih dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dan 2,3 persen pemilih dari Daftar Pemilih tambahan (DPTb).

Partisipasi pemilih di TPS 002 Sao Paulo sebesar 50,52 persen dari total surat suara. Setidaknya 23,71 persen pemilih yang terdaftar di TPS Sao Paulo tidak dapat datang ke TPS karena bertepatan dengan ritual perayaan Paskah yang mengharuskan mereka ke sejumlah wilayah pedalaman Brazil.

Partisipasi pemilih untuk metode Pos sebesar 67,06 persen atau naik sebesar 13,39 persen dibandingkan Pemilu 2014. Jumlah tersebut masih mungkin bertambah karena PPLN Brasilia masih menunggu pengembalian surat suara melalui metode pos hingga Rabu, 17 April 2019.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini