Wiranto: Tak Perlu Lari, Pemilu Aman

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Jokowi menjamin pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 nanti akan berjalan aman. Masyarakat tak perlu panik dan jangan lari dari Indonesia.

“Banyak teman yang percaya isu setelah pemilu nanti muncul kerusuhan, kemudian mereka siap-siap meninggalkan Indonesia karena takut. Ini hoax untuk mengacaukan Pemilu,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto di Jakarta, Selasa 26 Februari 2019.

Menteri Wiranto menegaskan Polri sudah membuat indeks kerawanan Pemilu dari sisi keamanan. Enam bulan sebelum pemungutan suara pemerintah sudah mengetahui skor masing-masing daerah mulai dari yang tidak terlalu aman sampai yang aman. Semuanya jelas, tidak aman penyebabnya apa?

Selama enam bulan pemerintah sudah mentralisir kerawanan-kerawanan tersebut.

Selain Polri, Bawaslu juga membuat indeks kerawanan Pemilu terutama dari sisi penyelenggaraannya.

Hal-hal yang dinilai mempengaruhi kerawanan tersebut seperti terpenuhinya kebutuhan kota suara, indikasi menggunakan politik identitas, dan indikasi politik uang.

Semua itu sudah diidentifikasi sejak jauh hari sebelum hari ini. Data itu membantu aparat kemanan menyiapkan kemampuannya menghadapi kerawanan tersebut.

Jika ingin bepergian Wiranto menganjurkan dilakukan setelah hari pemungutan suara. Setelah menggunakan hak pilihnya.

“Jangan sampai lari, ya?” ujar Wiranto.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini