Tampak Sama, Ini Perbedaan Inggris, Britania Raya dan Inggris Raya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Negara Inggris (England) telah mengambil peran penting dalam pembentukan Britania Raya (Great Britain).  Menariknya, Inggris dan Britania Raya memiliki ibu kota yang sama yakni London dan tentunya ini membuat masyarakat berspekulasi bahwa Inggris dan Britania Raya serta United Kingdom tampak sama.

Perbedaan Inggris (England), Britania Raya Great Britain) dan Inggris Raya (United Kingdom) cukup membuat bingung banyak orang. Padahal jika kita telusuri sejarah kepulauan Inggris yang luas membuat penggunaan istilah untuk penyebutannya berbeda.

Banyak masyarakat yang menyebut cangkupan ketiganya sebagai Inggris. Namun, kita perlu tahu perbedaan ketiganya. Mengapa penggunaannya tampak seperti sama. Berikut ulasannya dari berbagai sumber:

Inggris (England)

Inggris adalah negara. Tetapi ia bukan negara berdaulat. Hal ini karena Inggris berbatasan oleh Wales dan sebelah barat Laut Irlandia serta sebelah utara Skotlandia yang membuat ia menjadi bagian dari Inggris Raya.

Meskipun pulau-pulau seperti Isle of Wight telah lepas dari daratan Selat Inggris, tetapi masih menjadi bagian dari Inggris. Sebut saja pulau lain seperti Scilly berada di Samudra Atlantik yang terletak di ujung barat daya Inggris. Hal ini bisa terjadi karena Selat Inggris, Selat Dover dan Laut Utara memisahkannya dari Eropa di sebelah timur.

Britania Raya (Great Britain)

Keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa atau biasanya disingkat Brexit membuat beberapa orang mengatakan yang keluar ialah Inggris. Padahal kenyataannya Inggris hanyalah salah satu dari 4 negara konstituen di Inggris Raya (United Kingdom).

Secara geografis Pulau Britania merupakan kepulauan terbesar yang menjadi tempat tinggal dari 3 negara konstituen yaitu Inggris, Skotlandia dan Wales. Pulau ini juga dianggap terpadat setelah Pulau Jawa dan Pulau Honshu.

Penamaan Britania Raya dibentuk atas kesepakatan antara Inggris dan Wales bersama Skotlandia untuk menggabungkan diri menjadi satu kerajaan yaitu Kerajaan Britania Raya dan muncul pada tahun 1707.

Nama Britain sebetulnya sama seperti salah satu wilayah di Prancis yakni Brittany. Menurut beberapa argumen penambahan kata “Raya” dalam penamaan Britania yakni untuk membedakannya dengan wilayah tersebut.

Argumen lain mengatakan penambahan “Raya” merupakan ego Raja James I yang menandakan dirinya sebagai Raja Britania Raya. Hal ini karena ia ingin menunjukan kekuasaannya mencakup semua wilayah di pulau.

Inggris Raya (United Kingdom)

Penyebutan United Kingdom meliputi seluruh wilayah Britania Raya (Great Britania) dan Irlandia bagian Utara. Secara keseluruhan ada empat negara yang terhubung yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Pembentukan Inggris Raya beriringan dengan Kerajaan Inggris pertama yang lahir pada 926 Masehi. Dari pembentukan ini melahirkan sejarah panjang dan cukup rumit, tetapi ada beberapa hal yang menjadi sorotan.

Kerajaan Inggris lahir merupakan dari suku Anglo-Saxon. Dibawah Raja Henry VIII membuat aturan bahwa Wales dan Kerajaan Inggris menganut hukum dan pemerintahan yang sama pada 1536 Masehi.

Kerajaan Inggris termasuk Wales pada tahun 1707 membentuk Britania Raya bersama Skotlandia dan saat Irlandia bergabung dengan Britania Raya pada 1801 M membentuk Inggris Raya.

Sayangnya hanya bagian utara Republik Irlandia saja yang masuk dalam wilayah Inggris Raya. Hal ini karena Republik Irlandia melepaskan diri. Dari kejadian ini tentunya membuat nama negara berubah menjadi United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini