SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini, Simak Cara Daftarnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi teman-teman yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 buka hari ini, Senin 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Proses pendaftaran SNMPTN berlangsung hingga 28 Februari 2022.

Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi P Widyobroto mengatakan calon peserta SNMPTN wajib memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Dan sudah melakukan simpan permanen. Selain itu calon peserta yang boleh daftar SNMPTN adalah yang sudah masuk kriteria eligible oleh sekolah.

”Mendaftar SNMPTN itu harus masuk ke portal LTMPT. Habis itu milih perguruan tinggi dan program studi,” kata Budi.

Sementara Manajer SNMPTN 2022 Riza Satria, mengingatkan agar calon mahasiswa perlu cermat saat memilih jurusan atau program studi di SNMPTN 2022.

”Saya sarankan untuk siswa yang mengisi baca dulu panduan yang kami siapkan ada di situs LTMPT di bagian unduhan di situ ada petunjuk untuk pengisian SNMPT. Silakan buka, pelajari dengan cermat,” katanya.

Agar proses pendaftaran SNMPTN berjalan lancar, berikut tata cara daftar SNMPTN 2022.

  1. Silakan untuk login menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar di https://snmptn.ltmpt.ac.id. Isi email dan password pada saat pendaftaran akun. Ingat, hanya siswa yang memenuhi syarat yang bisa mendaftar SNMPTN 2022. Setelah berhasil masuk akan muncul profil siswa. Semua data profil siswa diambil dari portal LTMPT dan sudah tidak bisa diedit pada halaman SNMPTN.
  2. Untuk melakukan pengisian pilihan kamu bisa masuk ke halaman Pilihan. Prodi yang boleh dipilih hanya prodi yang membuka pilihan sesuai dengan jurusan asal SMA/SMK/MA. Selain itu, siswa boleh memilih 1 atau 2 prodi. Jika memilih 2 prodi, salah satu prodi harus berada di PTN yang provinsinya sama dengan asal SMA/SMK/MA.
  3. Di bagian ketiga ada portofolio. Portofolio ini hanya untuk program studi yang membutuhkan adanya dokumen portofolio. Jika pilihan prodi tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka calon peserta tidak perlu mengisinya.
  4. Bagi para siswa yang memiliki prestasi itu mendapat kesempatan untuk mengunggah prestasinya. Pengisian prestasi bersifat tidak wajib. Maksimal mengisi 3 buah prestasi. Unggah bukti dan isi semua field .
  5. Di tahap finalisasi adalah tahapan paling penting dan pastikan jangan sampai terlewat. Karena tahap finalisasi ini menyatakan bahwa proses pendaftaran ini lengkap dan tuntas.
  6. Lakukan finalisasi hanya jika sudah yakin akan pilihan dan menyetujui semua ketentuan yang berlaku. Silakan baca kembali dengan detail data yang kamu masukkan. Karena data yang sudah masuk tidak bisa edit kembali. Setelah kamu benar-benar yakin dengan pilihanmu, segera mengunduh kartu registrasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini