Perkenalkan Led Zeppelin, Spesies Baru Katak yang Ditemukan di Ekuador

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOGOTA – Ilmuwan di Ekuador berhasil menemukan spesies baru kodok. Uniknya, kodok itu diberi nama Led Zeppelin, ya seperti band rock legendaris Inggris itu.

Dikutip dari BBC, kodok itu diberi nama Pristimantis Led Zeppelin. Ciri-ciri kodok itu memiliki mata berwarna merah tembaga dan kulit berbintil-bintil berwarna kuning, cokelat, hitam, dan oranye.

Spesies kodok itu merupakan bagian dari keluarga Pristimantis yang banyak ditemukan di hutan Cordillera del Condor, yang terletak di antara Ekuador bagian tenggara dan Peru bagian timur laut.

Wilayah ditemukannya Kodok Led Zeppelin
Wilayah ditemukannya Kodok Led Zeppelin

Spesies itu menambah panjang daftar keluarga Pristimantis. Kini ada 28 spesies Pristimantis telah ditemukan dalam dua tahun terakhir. Para ilmuwan mengatakan bahwa nama Pristimantis Led Zeppelin diberikan untuk menghormati band tersebut dan “musik mereka yang luar biasa”.

Penemuan ini, yang dilaporkan dalam makalah di jurnal Neotropical Biodiversity, menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati yang unik di Cordillera del Condor, bagian dari kawasan ekologi paling terancam di dunia. Khususnya wilayah Pristimantis Led Zeppelin ditemukan, tulis para peneliti, adalah bagian dari konsesi tambang sebuah perusahaan multinasional. Di wilayah tersebut terdapat aktivitas peternakan, penebangan pohon, dan pertambangan skala kecil.

”Karena tingginya endemisme Cordillera del Cóndor, spesies kodok yang baru ditemukan ini kemungkinan besar hanya ditemukan di wilayah terbatas ini, karena itu perlu dipikirkan inisiatif jangka panjang untuk tindakan konservasi vertebrata kecil,” tulis David Brito-Zapata dan Carolina Reyes-Puig.

Reporter : Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini