Masa Depan Dunia Ada di Metaverse

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ini, industri teknologi sedang ramai oleh istilah Metaverse. Apalagi, Facebook mengubah nama perusahaannya menjadi Meta dan fokus ke dunia Metaverse.

Group Executive Chairman and Co-Founder WIR Group Daniel Surya meyakini bahwa Metaverse akan menjadi salah satu hal penting di dunia. Salah satunya berkat kemajuan teknologi di bidang Augmented Reality, Virtual Reality, dan Artificial Intelligence.

”Ada tiga komponen, AR, VR, dan AI. Metaverse itu sebuah interaksi masa depan internet baru dalam bentuk 3D,” ujar Daniel.

Ia menyebut teknologi Augmented Reality (AR) merupakan cikal bakal dunia baru. Meski teknologi ini masih mahal, namun jika harganya sudah mulai murah, maka perkembangannya akan sangat pesat. Karena AR bisa menghadirkan pengalaman secara utuh di dunia Metaverse. Teknologi AR harus berpadu dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI).

Daniel mengatakan manusia dapat memasuki dunia Metaverse, melalui beberapa hardware. Misalnya ponsel, layar, kacamata AR, dan kacamata VR. Dan setelah itu manusia bisa mengubah dirinya menjadi avatar untuk bisa berinteraksi satu sama lin.

Daniel menjelaskan bahwa dunia ini mendapat dukungan dari infrastruktur blockchain. Teknologi ini memungkinkan semua orang untuk mengelolanya. Sedangkan untuk bertransaksi, masyarakat dapat memanfaatkan mata uang kripto.

Daniel juga menyebut di masa depan, masyarakat juga akan melakukan transaksi, seperti rumah digital. Dengan sertifikasinya memanfaatkan teknologi NFT. Transaksi jual beli akan terjadi di sini. Dan hal ini sekarang sudah terbukti ada di Indonesia.

Metaverse juga membawa dunia ke arah masa depan tanpa televisi. Sebab selama ini televisi menjadi satu-satunya alat untuk mengeksplorasi dunia secara tidak langsung.

Memasuki dunia Metaverse juga akan mengubah cara mengkreasikan konten. Di era Metaverse, animasi atau avatar manusia akan menjadi salah satu konten, dan dapat berinteraksi dengan avatar lain. Bahkan bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Namun, Daniel menyebut pengembangan Metaverse juga memiliki hal yang harus diawasi, yaitu keamanan data. Terutama saat ini, pemberian data di ranah internet sudah menjadi salah satu hal lumrah berkat kehadiran media sosial.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini