JK: Masalah Pemilu 2019 Berasal dari Pemilihan Legislatif

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Masalah yang ditimbulkan Pemilu 2019 berasal dari pemilihan legilatif, bukan pemilihan presiden. Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin 13 Mei 2019.

Dalam pemilihan legislatif kini menggunakan sistem proporsional terbuka sehingga harus menghitung dengan tepat peroleh suara setiap calon.

“Salah satu penyebab banyaknya penyelenggara dan petugas Pemilu yang meninggal dunai adalah rumitnya penghitungan suara pemilihan legislatif,” kata lelaki yang dipanggil JK itu di Jakarta, Senin 13 Mei 2019.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus mencatat perolehan suara dari setiap caleg di setiap entitas pileg, apakah itu tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten.

Menurutnya itu adalah konsekuensi sistem proporsional terbuka, sehingga setiap nama calon legislatif harus dicatat.

Maka dia menyimpulkan yang membuat berat Pemilu 2019 sebenarnya menghitung hasil pemilihan legislatif, bukan pemilihan presiden.

Untuk itu JK memiliki dua solusi untuk Pemilu berikutnya yaitu dalam pemilihan legislatif menggunakan sistem proporsional tertutup saja biar partai politik yang mengatur.

Selain itu, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dipisah sehingga proses penghitungan suara tidak tumpang tindih.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini