Home Cuitan MI Inilah Musuh-musuh Terberat Batman

Inilah Musuh-musuh Terberat Batman

0
4356

MATA INDONESIA, JAKARTA – Film The Batman garapan Matt Reverse menampilkan dua sosok musuh besar The Riddle dan Penguin. Kedua musuh ini cukup membuat repot Batman yang diperankan Robert Pattison. Meski Penguin di film ini tidak terlalu menonjol, namun nama Penguin cukup diperhitungkan dalam setiap film, komik maupun film animasi Batman.

Rencananya setelah The Batman, akan ada 2 film sekuel dan 2 spin-off yang digarap untuk HBO Max yang dibuat dalam bentuk serial. Jadi sepertinya ada banyak musuh hingga supervillain yang akan hadir di film dan serial milik DC tersebut.

Nah, dari sekian banyak musuh yang pernah dihadapi Batman, siapakah yang paling merepotkan dan berbahaya?

  1. Joker
Joker

Musuh utama dan bebuyutan Batman adalah Joker. Ia adalah archenemy dari Batman, yang selalu membuat keonaran dan terobsesi untuk mengalahkan Batman. Bila Batman memilih untuk menumpas kejahatan untuk membuat Gotham lebih baik, Joker sepertinya merasa akan lebih lucu bila kota itu hancur lebur.  Joker punya gelar yaitu The Clown Prince of Crime.

Apa yang membuat Joker sebagai penjahat yang kuat adalah dia tidak memiliki rencana dan hanya bertindak karena menganggap itu lucu. Dia tidak memiliki tujuan lain selain melihat Gotham terbakar. Mungkin bagian yang paling sakit adalah dia memiliki kebutuhan yang aneh untuk terus menerus bertarung dan menyiksa Batman.

Joker hanya mengandalkan kecerdasan otaknya. Ia bukan seorang manusia super. Ia hanyalah mafia dengan IQ di atas rata-rata. Kebencian Joker kepada Batman diperlihatkannya saat ia membunuh Jason Todd, sosok yang memerankan Robin.

2. Ra’s Al Ghul

Ia sebenarnya adalah guru dan mertua Bruce Wayne alias Batman. Ra’s Al Ghul adalah pemimpin League of Assassins. Ra’s al Ghul mengenal Bruce Wayne sebelum ia berubah menjadi Batman. Namun sayangnya setelah belajar bela diri, Ra’s Al Ghul malah mengajak Bruce Wayne untuk menguasai dunia

Ra’s Al Ghul memiliki beberapa skill ilmu beladiri terbaik dan setingkat di atas Batman.  Ia juga memiliki Lazarus Pit, obat yang bisa memulihkan dari cedera yang dideritanya.

3. Bane

Bane diciptakan oleh Miranda Tate anak dari Ra’s Al Ghul. Selain kuat, Bane juga terkenal pintar. Bane pernah mematahkan tulang punggung Batman.

Bane adalah ahli strategi dan memiliki kekuatan fisik yang cukup untuk menjadi salah satu villain terkuat Batman. Setiap kali seseorang mencoba berkelahi dengannya, mereka pasti akan pergi dengan beberapa patah tulang.

Bane sangat mencintai Miranda yang menciptakannya. Ketika Miranda tewas oleh Batman, Bane marah besar dan terus mengejar Batman untuk balas dendam.

4. The Riddle 

Sejak kecil, sebagai anak yatim piatu Edward Nygma memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia selalu mempertanyakan banyak hal, bahkan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Hal ini tentu membuat orang-orang dewasa di sekitarnya merasa kesal. Saat Yayasan Wayne yang menampungnya bubar, kehidupan Edward Nygma menjadi berantakan. Ia pun dendam terutama kepada keluarga Wayne dan para pejabat yang korup di kota Gotham.

Beranjak dewasa, Edward Nygma berubah menjadi The Riddler, salah satu musuh bebuyutan Batman. Riddler sering memberikan teka-teki rumit dalam menjalankan aksinya. Di mana Batman dipaksa memecahkan teka-teki tersebut untuk bisa menyelamatkan banyak nyawa. Kecerdasan dan kegilaannya membuat The Riddler menjadi salah satu musuh bebuyutan Batman yang sangat berbahaya.

5. Two Face

Harvey Dent adalah seorang jaksa yang berpengaruh di Kota Gotham. Ia cerdas, pintar dan jago strategi. Namun dalam sebuah peristiwa kejahatan, separuh wajahnya hancur akibat cairan asam dari serangan seorang bos mafia.

Karena itu, dia yang tadinya telah mengidap kepribadian ganda, berubah menjadi Two-Face: pria yang terobsesi dengan konsep dualitas dan mengambil keputusan dari lemparan koin. Saat berhadapan dengan Batman, anehnya ia selalu sial saat melempar koin. Hal inilah yang membuat Two Face selalu kalah ketika berhadapan dengan Batman.

6. Penguin 

Penguin sudah hadir dalam komik sejak 1941. Berawal dari penjahat biasa hingga menjadi salah satu penjahat berpengaruh di kota Gotham. Penguin selalu tampil rapi, memakai jas, kacamata monocle dan topi tinggi serta terlihat membawa payung.

Dia ingin dihormati di kalangan elit Gotham dan semua tindakan kejahatan yang dilakukannya untuk mendapatkan pengaruh dan kekayaan.  Dia memiliki pengacara, hakim, dan polisi yang bekerja secara rahasia untuknya. Dan itu membuatnya hampir tak tersentuh di mata hukum.

Bahkan ketika Batman pergi menghadapinya, dia harus melalui gerombolan pria dengan senjata dan kemampuan bertarung bahkan sebelum dia dapat menembak Penguin.

7. Mr Freeze 

Mr. Freeze adalah Dr. Victor Fries yang harus membekukan istrinya Nora – dengan teknik cryogenics – karena menderita penyakit mematikan.

Dia memilih jalan kejahatan untuk membiayai penelitiannya menemukan obat untuk istrinya. Mr Freeze berubah menjadi mutant karena kecelakaan di laboratorium dan membuatnya harus selalu berada pada kondisi di bawah titik beku.

Karena itu dia memakai baju khusus untuk tetap dalam suhu super dingin dan dikenal akan melakukan apapun demi tujuannya menyembuhkan istrinya. Mr. Freeze memiliki banyak peralatan yang mengesankan dan berbahaya, dia menggunakannya untuk melakukan berbagai tindakan kriminal di Gotham City. Hal ini membuat Mr. Freeze sering berurusan dengan Batman.

8. Scarecrow 

Tumbuh dalam keluarga yang kejam, Jonathan Crane masih dapat mengejar mimpinya menjadi seorang dosen. Dia menjadi Profesor Psikologi dan ahli Biokimia yang fokus pada rasa takut. Namun karena cara mengajarnya yang di luar kebiasaan, sekolahnya memecatnya. Crane berubah menjadi Scarecrow dan menggunakan racun dan gas yang dapat membuat ketakutan sesuai phobia korbannya.

Dia menggunakan warga Gotham sebagai kelinci percobaan dalam upayanya membuat racun dan gas tersebut.

9. Poison Ivy

Poison Ivy punya kemampuan untuk mengontrol berbagai tumbuhan sesuai dengan keinginannya. Dia adalah Pamela Lillian Isley seorang botanis yang bertahan hidup dari racun tumbuhan yang membuatnya kebal terhadap berbagai racun.

Poison Ivy ingin melindungi alam dan tumbuhan dengan cara memusnahkan umat manusia. Dia dapat memikat laki-laki mana saja, bahkan Superman sekalipun. Pamela sebenarnya sangat memuja Bruce Wayne. Namun saat berubah menjadi Poison Ivy ia ingin menghancurkan dan membunuh Batman

10. Harley Queen

Psikiater yang jatuh cinta kepada pasiennya adalah Dr Harleen Quinzel. Ia menjadi dokter di Rumah Sakit Jiwa Arkham tempat Joker menjalani perawatan.

Harleen sangat memuja Joker sehingga ia mengubah dirinya menjadi Harley Quinn, seorang psikopat dan pembunuh yang selalu tampak ceria. Meski Joker sering berlaku kasar padanya, hal itu tidak pernah mengubah hatinya.

11. Killer Croc 

Lahir dengan nama Waylon Jones dan memiliki kondisi penyakit kulit langka yang membuatnya bersisik. Masa kecilnya suram karena ia mengalami berbagai macam siksaan membuatnya menjadi psikopat pembunuh yang kanibal.

Waylon bergabung dengan kelompok sirkus dan menjadi petarung.

Karena kondisi kulitnya makin parah dia bergabung dengan kelompok penjahat dan menjadi musuh terbesar Batman.

12. Death Stroke

Dari sekian banyak musuh Batman, hanya Death Stroke musuh yang benar-benar membuat Batman repot. Death Stroke mendapatkan kekuatannya dari program rahasia militer Amerika untuk membuat prajurit super.

Dia terkenal sebagai pembunuh bayaran. Ia mendapat bayaran untuk membunuh Batman dan nyaris berhasil. Namun Batman berhasil lolos dan Death Stroke terus mengejar Batman. Dengan kemampuan super, dia termasuk dalam supervillain yang cukup membuat Batman ketar ketir.

13. Hugo Strange

Seorang Psikiater yang gila dan memanfaatkan kemampuannya sebagai ahli kimia untuk membuat serum yang membuat orang berada di bawah kontrolnya. Hugo Strange adalah musuh pertama tahu bahwa Bruce Wayne adalah Batman.

Batman menganggap Hugo Strange sebagai orang paling berbahaya di dunia. Dia seorang jenius, ahli biologi, kimia dan psikologi, dan ahli bela diri.

14. Black Mask

Roman Sionis lahir dalam keluarga konglomerat yang hanya peduli pada penampilan keluarganya. Dia terobsesi dengan topeng dan menggunakan topeng hitam saat melakukan kejahatan.

Supaya mendapatkan warisan, dia membunuh kedua orang tuanya. Ramon kemudian memimpin organisasi kejahatan di Gotham. Dia adalah musuh Batman yang sadis dan senang menyiksa korbannya.

Reporter: Azzura Tunisya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here