Grup Jual Beli Ginjal Ilegal Marak di Facebook

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir-akhir ini, kabar mengenai pembelian potongan tubuh menghebohkan Indonesia. Seorang perancang busana asal Indonesia berinisial AP diduga terlibat pemesanan organ manusia dari Brasil.

Fenomena jual beli organ tubuh manusia sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Kasus penjualan organ manusia yang terdengar hanya bagian dari puncak gunung es sindikat penjualan organ manusia di pasar gelap internasional.

Namun bagaimana apabila ada jual beli organ untuk kesehatan dan menyelamatkan nyawa seseorang?

Contohnya jual beli ginjal. Transaksi organ tubuh manusia sudah tentu ilegal. Hampir semua negara melarang praktik ini termasuk Indonesia.

Namun kebutuhan organ tubuh untuk menyelamatkan hidup manusia sangat besar. Terkadang menunggu donor untuk organ dalam memerlukan waktu yang lama. Sedangkan waktunya  tidak cukup panjang.

Penderita penyakit gangguan ginjal semakin meningkat. Karena banyaknya pasien, jelas ginjal banyak dicari oleh penderita penyakit ginjal. Karena kebutuhan yang tinggi, muncul perdagangan gelap di berbagai platform, salah satunya adalah di Facebook.

Bagi ribuan orang di Indonesia yang sedang membutuhkan donor ginjal, Facebook jauh lebih efektif dibanding rumah sakit. Tingkat gagal ginjal yang tinggi dan tingkat sumbangan ginjal yang rendah secara nasional menyuburkan pasar gelap perdagangan donor untuk motif ekonomi.

Pasar gelap ini tumbuh di sudut-sudut grup Facebook yang aksesnyab terbatas. Semakin banyak penderita gagal ginjal di Tanah Air mengandalkan media sosial untuk membeli organ dari penjual yang mereka tidak kenal, atau untuk menjual ginjal sendiri.

Transaksi tersebut tentu saja melanggar hukum. Tetapi menurut Tony Samosir, ketua Komunitas Dialisis Indonesia, praktik ilegal seperti jual beli via grup Facebook merupakan pilihan satu-satunya 150.000 pasien yang menderita gagal ginjal di Tanah Air.

Grup-grup ‘transaksi’ di Facebook berperan seperti makelar. Jika ada transaksi, admin akan menghubungkan pembeli dengan penjual, lalu mempermudah proses transaksinya. Harga satu ginjal di forum seperti ini biasanya Rp100 juta sampai Rp350 juta, bahkan ada pembeli rela menebusnya hingga Rp975 juta karena saking butuhnya pembeli tersebut.

Ginjal memang merupakan organ yang rawan sekali untuk rusak. Sebagai organ vital, keberadaan ginjal sangat penting bagi manusia. Fungsi ginjal sangat kompleks, sebagai salah satu organ pembersih darah dari racun-racun hasil metabolisme tubuh melalui urine.

Fungsi utama organ tubuh ini adalah membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya mengalir ke seluruh tubuh. Setelah itu, segala hal yang perlu di buang kemudian keluar melalui urin.

Bukan hanya itu, ginjal juga berperan menghasilkan berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Karena ginjal merupakan organ yang rawan, kita harus menjaga pola hidup kita agar ginjal kita dapat terus berfungsi dengan baik. Hal ini juga merupakan bentuk partisipasi untuk mengurangi perdagangan ilegal organ tubuh.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Cegah Skimming, Patroli Samapta Polresta Sleman Pantau Gerai ATM

Mata Indonesia, Sleman - Guna Mengantisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polresta Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini