Dari Belanda Lahirlah Total Football dan Rinus Michels

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain identik dengan bunga tulip, Belanda juga terkenal karena Total Football.

Taktik dan strategi ini membawa sepakbola Belanda ke tangga kesuksesan. Dan dari strategi inilah muncul nama-nama legenda sepakbola termasuk pelatih Rinus Michels.

Total football adalah salah satu strategi dalam sepakbola. Menekankan permainan ofensif yang menitikberatkan pada pergerakan fleksibel dari setiap pemain. Sehingga sebuah tim memiliki penguasaan bola lebih banyak ketimbang lawan.

Setiap pemain memiliki peran saat membangun serangan dalam total football. Pergerakan dari setiap pemain akan membingungkan lawan sehingga serangan yang dibangun sulit digagalkan. Pergerakan pemain dan penguasaan bola adalah hal utama total football.

Strategi ini pertama kali muncul dari manajer Ajax Amsterdam era 1920-an, Jack Reynolds. Ia membangun tim dengan agresivitas tinggi dan dominan dalam penguasaan bola.

Reynolds memimpin Ajax untuk meraih banyak juara di Belanda. Namun Reynold belum menerapkan sepenuhnya Total Footbal di timnya. Barulah di era 1970 an, muncul seorang pelatih yang berhasil menyempurnakan Total Footbal. Namanya Rinus Michels.

Pelatih bernama lengkap Marinus Jacobus Hendricus Michels ini dulunya adalah pemain Ajax Amsterdam di tahun 1940 an. Ia banyak menyerap ilmu dari Jack Reynolds soal strategi Total Football.

Pada tahun 1946, memutuskan gantung sepatu karena cedera setelah melakoni 264 pertandingan dengan 122 gol selama bersama Ajax.

Ia kemudian menjadi pelatih sepakbola di Ajax pada 22 Januari 1965. Dengan formula Total Football yang ia pelajari dari Jack Reynold, Rinus Michels sukses membawa Ajax terhindar dari degradasi. Tak hanya itu, selama melatih Ajax hingga tahun 1971, dia membawa tim ini empat kali juara liga, tiga gelar Piala Belanda di tahun 1967, 1970, dan 1971. Tak hanya itu, Ajak menjuarai European Cup atau Liga Champions pada 2 Juni 1971.

Sukses Rinus Michels karena ia menemukan jodohnya di Ajax, Johan Cruyff. Dari sekian banyak pemain, Cruyff lah yang memahami Total Football secara keseluruhan. Bersama Johan Neeskens, Ruud Krol dan Rob Rensenbrink, Rinus Michels juga sukses membawa Belanda dan klub asal Spanyol Barcelona menjadi tim yang disegani di dunia.

Rinus Michels meninggal dunia pada 3 Maret 2005 setelah operasi jantung yang kedua kalinya di rumah sakit City of Aalst, Belgia. Dunia sepakbola akan mengenang Michels sebagai pelatih legendaris.

Reporter: Fadila Aliah Hakim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini