Home Cuitan MI Bolehkah Seorang Muslim Menyanyikan Lagu Agama Lain? Begini Penjelasannya

Bolehkah Seorang Muslim Menyanyikan Lagu Agama Lain? Begini Penjelasannya

0
3743
Doa Katolik untuk Keluarga yang Sudah Meninggal
Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa hari terakhir ini viral di media sosial TikTok, di mana warganet banyak yang berjoget dan menyanyikan lagu rohani Tuhan Yesus TidakBerubah.

Salah satu selebgram Tanah Air, Stevie Agnecya pun mengunggah video dengan backsound lagu rohani Kristentersebut. Hal ini tentunya menuai kontroversi. Pasalnya dalamvideo tersebut, sang selebgram tampak mengenakan mukena danasyik berjoget serta bernyanyi mengikuti lagu umat Kristiani itu.

Tak hanya Stevie Agnecya, bahkan warganet berhijab jugabanyak menyanyikan lagu Tuhan Yesus Tidak Berubah di TikTok. Lalu, bagaimana hukum dalam Islam, jika seorangmuslim menyanyikan lagu agama lain? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari Islamiy.com, hukum membaca dan menyanyikanlagu agama lain termasuk kategori haram atau makruh bagiawam. Namun, jelas tidak berakibat murtad apabila masihmeyakini akan kebenaran Islam.

Salah satu hadits atau sunnah yang bisa kita jadikan pedomanadalah sebagai berikut:

Bahwa Nabi melihat Umar membawa bagian kitab Taurat, Nabipun marah dan bersabda: Seandainya Nabi Musa ada bersamakalian lalu kalian mengikutinya dan meninggalkan aku, niscayakalian tersesat”.

Terkait hadits ini, Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, hlm. 13/525, menyatakan:

Hadits ini walaupun tidak bisa dibuat hujah namunkeseluruhannya mengandung hukum yang kuat”.

Dari hadits di atas, kemudian para ulama madzhab empatmenghukumi membaca kitab suci dari agama lain denganharam, makruh atau boleh tergantung dari tujuan dan kapasitasyang membacanya.

Ibnu Hajar menyatakan dalam Fathul Bari (hlm. 13/525):

Yang tampak jelas adalah hukumnya makruh tanzih, bukantahrim. Yang utama dalam masalah ini adalah membedakanantara orang belum mantap imannya dengan yang sudah mantap. Maka, bagi yang pertama tidak boleh melihat kitab nonmuslim, beda halnya dengan yang sudah mantap imannya, maka boleh”.

Alangkah baiknya lagu-lagu yang bertentangan dengan aqidahseorang muslim dihindari. Lebih baik melantunkan syair-syairyang memuji kebesaran Allah SWT dan keteladanan Rasul-Nya.

Reporter: Dhea Salsabila

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here