Langkahku dan langkahmu, Bangkitkan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Seumpama negara Indonesia digambarkan dengan sebuah istana, tentu saja istananya sangat megah. Namun kita tahu bahwa dua tahun ini “Indonesia sedang tidak baik-baik saja”.

Bahkan negara-negara di dunia pun mengalami hal yang sama. Wabah Covid-19 seolah seperti badai yang menerjang dan menggoncangkan berbagai aspek, membuat negara Indonesia pun berada dalam kondisi yang terpuruk. Dua tahun telah berlalu, pemerintah berupaya agar Indonesia pulih dan bangkit dari masa-masa yang sulit.

Mengutip penjelasan Presiden Joko Widodo melalui media sosialnya:

“Menghadapi pandemi Covid-19, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh. Kemampuan mengelola pandemi inilah yang menjadi kekuatan pertama kita untuk membangun dan tetap mewujudkan agenda-agenda besar kita.

Kedua, sumber daya alam yang melimpah yang pasti menjadi kekuatan besar Indonesia, jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan. Ketiga, bonus demografi yakni jumlah penduduk yang sangat besar dan didominasi oleh anak-anak muda usia produktif, daya beli masyarakat yang terus meningkat, dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional.

Keempat, kepercayaan internasional yang meningkat. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Diterima negara-negara besar walau geopolitik sedang panas. Dan juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN”

Berdasarkan penjelasan presiden, dapat kita ketahui bahwa jumlah penduduk yang sangat besar dan didominasi oleh anak-anak muda usia produktif termasuk didalamnya generasi milenial, berperan dalam menggerakkan  perekonomian nasional. Berperan untuk bangkitkan Indonesia. Pertanyaannya : sebagai penduduk Indonesia khususnya generasi milenial, apa yang dapat dilakukan untuk bangkitkan Indonesia?

Menjawab pertanyaan diatas, salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk bangkitkan Indonesia ialah memiliki  niat yang kuat. Ini untuk bersiap diri menghadapi tantangan serta menjalankan tugas dan tanggung jawab melalui keahlian masing masing.

Beberapa langkah nyata dan sederhana dibidang ekonomi yang sudah dilakukan oleh para pemimpin negeri ini ialah dengan  memberikan dukungan untuk pelaku UMKM dengan cara membeli atau memakai produk UMKM (produk lokal), dan turut mempromosikan produk UMKM tersebut melalui berbagai akun media sosial.

Ketika melihat dan mengetahui langkah nyata sekalipun sederhana tersebut, membuat saya berpikir seperti ini : “Bagaimana dengan saya? “, sehingga melalui tulisan ini, saya ingin mengajak kaum milenial untuk merenungkan satu pertanyaan “apa yang dapat saya lakukan untuk bangkitkan Indonesia melalui hal-hal yang sederhana?” Dimulai dengan sebuah langkah awal untuk bangkit dari kondisi sulit yang sedang kita hadapi saat ini.

Dimulai dengan berpikir optimis dan kobarkan semangat di dalam hati, jiwa dan raga, bahwa kita bisa keluar dari kondisi sulit kita masing-masing, sekalipun tidaklah semudah teori tetapi itu tidak berarti juga bahwa kita sama sekali tidak bisa bangkit atau keluar dari suatu kondisi yang sulit, berikut ini beberapa tips yang dapat saya bagikan untuk kaum milenial :

  1. Memotivasi diri sendiri bahwa setiap kesulitan pasti ada solusinya
  2. Bersiap menghadapi kesulitan dengan berusaha memahami penyebab kesulitan untuk dapat menemukan solusi yang sesuai.
  3. Menemukan solusi atau jalan keluar, setelah itu fokus atau kerjakan hal-hal yang merupakan solusi untuk kesulitan yang sedang dihadapi
  4. Mintalah kekuatan serta semangat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, melalui doa dan ibadah, doakan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang didoakan

Dengan melatih diri dalam menemukan solusi dan kemudian bangkit dari kondisi yang sulit, hal ini pun dapat menjadi suatu langkah awal untuk berperan dalam bangkitkan Indonesia. Jadi sebagai kaum milenial,  let’s take your step and do your best, langkahku dan langkahmu, langkah kita bersama. Ayo, bangkitkan Indonesia dengan sebuah langkah awal, karena setiap langkah awal  akan menjadi  langkah yang besar dalam membangun Indonesia.

Penulis: Grace Adela Dora Waroy

Ig: @gresya_adela

 

8 KOMENTAR

  1. “let’s take your step and do your best, langkahku dan langkahmu, langkah kita bersama” suka potongan kalimat ini ?

    Penulis adalah Salah satu contoh generasi millenial ber-anak 2, yang terus memberi teladan dan menginspirasi lewat tulisannya.

    Great job dek??

  2. Keadaan susah terkadang bukan saja menghilangkan daya atau tindakan untuk berbuat sesuatu tetapi lebih dari itu semangat dan niat yang menjadi kekuatan untuk bangkit. Tulisan ini mengingatkan kita betapa pentingnya niat dan semangat yg praktis (dari kaum muda milenial ) yg akan menjadi langkah awal menuju perubahan bangsa Indonesia ke arah yg lebih baik ( pulih dr dampak covid) dan hal itu dimulai dari diri sendiri. Tulisan ini juga mengajak kita kaum muda milenial untuk melakukannya sekarang, so .. let’s take your step and do your best ^_^

  3. Sangat menginspiratif tulisan nya mba .. dan mengena shingga dapat mengajak kita untuk lebih semangat dlm membangkitkan indonesia maju..
    tulisan ini membuat pembaca tergerak utk melakukn hal positif memulai langkah dgn tujuan bangkitkan indonesia.. Merdeka!!

    • Yup.. Melatih diri dalam menemukan solusi dan kemudian bangkit dari kondisi yg sulit dg cara kita masing2 dari hal2 kecil disekitar kita?? tengkyu tulisan yg mengingatkan sist ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini