Ini 5 Penyebab yang Membuat Bibir Berwarna Hitam berserta 3 Cara Mencerahkanya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Memiliki bibir yang lembut dan merona pasti impian setiap orang, khususnya wanita. Warna merah muda yang alami pada bibir memberikan kesan wajah yang segar dan cerah.

Warna kulit didapat dari suatu pigmen yang disebut melanin. Kekurangan melanin bisa menyebabkan warna kulit lebih terang, sedangkan kelebihan melanin bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap.

Nah, saat kulit memproduksi melanin lebih banyak dari biasanya, terjadilah hiperpigmentasi yang membuat kulit jadi lebih gelap, termasuk kulit bibir.

Bibir bisa mengalami perubahan menjadi gelap dikarenakan berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga kondisi medis tertentu. Beberapa penyebab yang bisa membuat bibir hitam, antara lain:

1. Merokok

Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga memberikan efek yang nggak bagus buat bibir. Nikotin dan benzyprene dalam rokok tembakau bisa membuat produksi melanin jadi berlebih hingga membuat bibir jadi gelap hingga hitam.

2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat membuat dehidrasi dan sering buang air kecil. Nah, dari dehidrasi itu, bibir jadi kering, pecah-pecah, dan berubah warna jadi gelap hingga hitam.

3. Kehamilan

Kamu baru tahu kan, kalau kehamilan juga bisa membuat bibir gelap? Beberapa ibu hamil mengalami perubahan kulit karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh.
Nggak cuma bibir, tapi putting payudara, hidung, pipi, dan dahi pun bisa berubah warna jadi lebih gelap. Tapi beruntung, umumnya warna bibir akan kembali seperti semula setelah kehamilan selesai.

4. Sinar matahari

Terpapar langsungnya kulit oleh sinar matahari dapat memicu tubuh untuk menghasilkan melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Hal tersebut merupakan mekanisme tubuh supaya bisa melindungi kulit dari beberapa kerusakan akibat sinar matahari.

Paparan sinar matahari ini bisa membuat nggak cuma membuat kulit tubuh, tapi juga kulit bibir jadi gelap hingga kehitaman.

5. Masalah kesehatan

Masalah medis tertentu bisa menyebabkan hiperpigmentasi, salah satunya penyakit Addison, yaitu penyakit yang terjadi ketika kelenjar adrenalin nggak bekerja dengan baik untuk menghasilkan hormon-hormon yang penting.

Penyakit Addison bisa bikin bibirmu gelap bahkan kehitaman, dengan disertai gejala lainnya seperti kelelahan, kurangnya tenaga, dan suasana hati yang lagi jelek.

6. Obat-obatan dan zat kimia

Antibiotik oral, antimalaria, dan obat-obatan tertentu lainnya bisa menyebabkan hiperpigmentasi hingga membuat bibir berubah warna menjadi gelap dan kehitaman.
Biasanya, warna bibir akan kembali normal setelah menjalani pengobatan.

Namun pada sebagian orang, kondisi tersebut dapat bertahan. Selain itu, kemoterapi juga menyebabkan warna bibir menjadi gelap dan kehitaman.

Jika membeli atau menggunakan lipstick, lihat dulu tanggal kadaluwarsanya ya. Karena lipstick yang kadaluwarsa juga menjadi pemicu bibir hitam. Bukannya cantik, kamu malah jadi terlihat sakit karena bibir yang tampak pucat.

Terus, gimana ya caranya supaya warna kulit bibir supaya nggak pucat dan merona? Ada banyak bahan alami dan mudah didapat yang bisa digunakan sebagai masker pencerah bibir.

Berikut cara membuat bibibr hitam agar menjadi lebih cerah:

1. Lemon

Potong sebuah lemon, lalu oleskan pada bibir setiap malam sebelum tidur. Bilas bibir menggunakan air dingin di pagi harinya. Jika kegiatan ini kamu lakukan secar rutin, bibir kamu akan cerah kembali dalm kurun waktu kurang lebih 30 hari.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencerahkan bibir, karena memiliki sifat produksi antimelanin. Caranya, campurkan satu setengah sendok teh jeruk nipis cair, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh gliserin.

Setelah semuanya tercampur, oleskan deh pada bibir. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Lalu bilaslah dengan air di pagi harinya.

3. Gel lidah buaya

Senyawa dalam lidah buaya bisa menghambat produksi melanin hingga membuat bibir lebih cerah. Lakukan perawatan dengan cara mengoleskan gel lidah buaya ke bibir satu kali setiap hari.

Setelah kering, bilas menggunakan air hangat. Jangan malas-malas ya perawatannya, supaya hasilnya bisa maksimal.

Jika bahan-bahan alami tersebuut tidak dapat membantu mencerahkan bibirmu, cobalah periksa ke dokter. Dokter akan memberikan saran perawatan apa yang sebaiknya dilakukan.

Untuk mencegah bibir gelap dan kehitaman, hindarilah merokok, minum banyak air putih, dan batasi pula asupan kafein. (Dinda)

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini