Jalur Akademik Perguruan Tinggi Islam Negeri Diumumkan, Ini Hasilnya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumat 15 April 2022, panitia nasional Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun 2022 mengumumkan hasil seleksi.

Dari 200 ribu siswa yang mengikuti seleksi, ada 73.944 siswa yang lulus.

”Hari ini panitia mengumumkan bahwa ada 73.944 siswa yang lulus seleksi SPAN-PTKIN 2022. Hasil seleksi ini tertuang dalam surat Nomor B-130/SPAN-UM/IV/2022 tentang Akses Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN tahun 2022,” ujar Ketua SPAN UM PTKIN Imam Taufiq

”Peserta dapat mengecek kelulusan tersebut pada web http://pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan NISN,” ujarnya.

Menurut Imam Taufiq, peserta yang lulus harus melakukan registrasi atau daftar ulang di PTKIN, sesuai jadwal masing-masing.

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis. Tahun ini, peserta SPAN PTKIN sebanyak 59 kampus. Terdiri dari 58 PTKIN (seluruh UIN/IAIN/STAIN) dan 1 Fakultas Agama PTN (Universitas Singaperbangsa Karawang).

Pendaftaran SPAN PTKIN buka sejak 7 Februari – 31 Maret 2022.

Seleksi tahap I 5 – 7 April 2022. Untuk seleksi tahap II 9 – 11 April 2022. Dalam SPAN 2022 ini, terdapat 1.149 Program Studi IPS dan 109 Program Studi IPA.

Minat calon mahasiswa untuk masuk PTKIN sangat tinggi. Tahun ini, tercatat ada 172.971 siswa yang mengikuti SPAN-PTKIN dari 10.927 sekolah.

Siswa pelamar mendapat kesempatan memilih dua PTKIN. Pada masing-masing PTKIN pilihannya, mereka dapat memilih dua program studi (prodi). Urutan pilihan PTKIN dan program studi menjadi prioritas pilihan.

Lima PTKIN dengan pendaftar terbanyak:

1. UIN Sunan Kalijaga Yogtakarta

2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

3. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

4. UIN Walisongo Semarang

5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Lima Prodi dengan Pendaftar Terbanyak

1. Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

2. Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

3. Perbankan Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

4. Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

5. Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini