MATA INDONESIA, SEOUL – BTS menjadi salah satu idola K-Pop yang sukses, bahkan berhasil menjadi artis internasional. Ada banyak alasan untuk menyukai BTS, tetapi apa faktor utama di balik kesuksesan mereka?
Direktur agensi K-Pop Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon berbagi pendapat mereka tentang alasan utama mengapa BTS berhasil. Hal ini disampaikan saat bincang-bincang dengan AYO di YouTube.
Sebagai informasi, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon adalah direktur bisnis di FirstOne Entertainment. Agensi itu didirikan tahun 2019 di belakang solois seperti Kisum dan grup 1st.One yang berbasis di Filipina.
Keduanya pernah mereka bekerja di JYP Entertainment selama beberapa tahun, mengambil alih artis seperti Wonder Girls, 2PM, dan Miss A. Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon berbagi pendapat ahli tentang faktor nomor satu yang membuat BTS sukses besar.
BTS telah lama dikenal karena kisah sukses underdognya. Pada tahun 2013, ketika BTS debut, grup dari tiga agensi besar (JYP Entertainment, SM Entertainment, dan YG Entertainment) menjadi yang paling sukses.
Tentunya, kesuksesan mereka dari agensi kecil seperti Big Hit Entertainment hingga sekarang dikenal sebagai HYBE merupakan keajaiban. Lantas, bagaimana mereka bisa berhasil seperti sekarang ini?
Yoon Ho Joon mengatakan, “Saat BTS pertama kali debut, mereka tidak sering tampil di TV.” Kembali ke era rookie BTS, cara utama untuk mempromosikan album adalah tampil di acara musik seperti M Countdown dan Music Bank.
Namun, Yoon Ho Joon mengatakan bahwa stasiun TV saat itu tidak ingin grup tak dikenal seperti BTS tampil. “Mereka harus tampil di acara musik, tetapi stasiun TV tidak menginginkannya,” katanya.
Karena itu, Yoon Ho Joon mengatakan BTS harus memilih bentuk media baru untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Yoon Seon Mi memperluas maksudnya, menjelaskan bahwa di era rookie BTS, “Berkomunikasi melalui media sosial itu tidak umum.”
Namun, itu tidak menghentikan BTS. Akun Twitter pertama grup dibuka sejak Desember 2012, bahkan sebelum mereka memulai debutnya. Sejak saat itu, para anggota terus berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial, tidak hanya dalam bahasa Korea tetapi juga dalam bahasa Inggris.
“Menyusul pergantian media, [BTS berkomunikasi di media sosial] untuk pertama kalinya,” kata Yoon Seon Mi.
Menurut pendapat Yoon Ho Joon dan Yoon Seon Mi, komunikasi yang penuh semangat dan berdedikasi dengan penggemar inilah yang memberikan kontribusi terbesar bagi kesuksesan BTS.
Yoon Seon Mi melanjutkan dengan berkata, “Saya memiliki pendapat yang tinggi tentang mereka karena menyerap tren paling cepat dan mewujudkannya.”
Selain itu, sutradara menjelaskan kepribadian dan konsep BTS “sangat cocok dengan lingkungan”, mendorong mereka menjadi bintang.