Wajib Tahu, 3 Hal Seputar Diet ini Hanya Mitos!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah informasi terkait cara menurunkan berat badan banyak sekali beredar. Tak hanya tersebar di internet saja, informasi seputar diet pun akan mudah didapatkan dari orang sekitar. Banyaknya informasi yang beredar ini terkadang belum jelas kebenarannya.

Sebelum melakukan program diet, ada baiknya untukmu mencari informasi secara detail terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat agar kamu tidak termakan mitos yang beredar dan rencana dietmu bisa tercapai sampai hasil yang diinginkan.

Menurut dr. Dion Haryadi, dalam channel Youtube ‘Diet Santuy’, mengungkapkan tiga mitos cara menurunkan berat badan yang banyak diyakini orang.

Berikut ketiga mitos seputar diet tersebut:

1. Air Lemon Ampuh Menurunkan Berat Badan

Salah satu mitos yang paling banyak beredar di masyarakat adalah anggapan bahwa air lemon dan teh hijau ampuh menurunkan berat badan. Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar, semua kembali lagi pada kebutuhan cairan harian tubuhmu.

Jika menambahkan buah lemon dapat membuatmu mudah mencapai kebutuhan cairan harian, maka kamu dapat melanjutkannya. Namun, jika kamu merasa hal ini mempersulit dirimu sendiri, tidak ada salahnya jika dihentikan.

Pasalnya, dalam buah lemon tidak ada satu pun kandungan yang bermanfaat menurunkan berat badan, semua kembali lagi pada keseimbangan kalori tubuhmu sendiri.

2. Makan Malam bisa Membuat Gemuk

Seseorang yang sedang melakukan program diet cenderung akan menghindari jam makan malam. Hal ini dikarenakan banyaknya anggapan yang mengatakan jika makan pada saat malam hari bisa membuat tubuh semakin gemuk.

Informasi ini sebenarnya hanyalah mitos belaka. Makan saat malam hari sebenarnya tidak membuat seseorang menjadi gemuk. Semua kembali lagi pada berapa jumlah kalori dari makanan yang dimakan pada jam sebelumnya.

Jika kalori makanan belum tercukupi, maka makan saat malam hari tidak akan berpengaruh membuat tubuh gemuk. Namun, saat makan pada jam malam ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni tidak makan disaat terlalu dekat dengan jam tidur.

Makan terlalu dekat dengan jam tidur akan mengganggu proses pencernaan. Maka dari itu, usahakan berikan jeda sekitar 2-3 jam setelah makan untuk selanjutnya tidur malam.

3. Makan Nasi Putih, Menyebabkan Tubuh Semakin Gemuk

Selain kedua mitos di atas, anggapan soal makan nasi putih dapat menyebabkan tubuh semakin gemuk pun banyak diyakini oleh banyak orang. Karena hal ini, seseorang yang mulai melakukan diet akan mulai menghindari karbohidrat atau nasi putih.

Menurut penjelasan dr. Dion Haryadi, sebenarnya tidak ada satu makanan tertentu yang dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Penyebab utama kenaikan berat badan pada seseorang dikarenakan kelebihan kalori harian yang dilakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang.

Itu dia ketiga hal seputar diet yang ternyata hanyalah mitos belaka. Lalu selama ini apa dietmu sudah benar? Jika salah segeralah perbaiki ya!

Reporter: Rini Apriliani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini