Heboh Curhat Hotman Paris ke Aa Gym Soal Godaan Dunia hingga Kematian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video perbincangan antara pengacara kondang Hotman Paris dan ulama Aa Gym tengah mencuri perhatian. Dalam video viral itu, Hotman tampak curhat dari hati ke hati pada Aa Gym mengenai beragam hal dalam kehidupan pribadinya.

Yang menarik, ia bahkan mengungkap keinginan hatinya untuk pensiun total sebagai pengacara sebab merasa segala yang dinikmatinya di dunia selama ini akan berakhir juga.

“Sekarang dengan adanya corona ini saya makin menyadari, memahami, bahwa kita hidup mencari kebahagiaan. (Saya ingin) setengah pensiun atau pensiun total menikmati hari tua. Karena apa yang kita dapatkan ternyata semua (akan) berakhir juga,” kata Hotman, Jumat, 8 Mei 2020.

Hotman pun mengatakan kepada Aa Gym bahwa di usianya yang sudah 60 tahun ini, ia merasa sudah harus mengurangi dosanya sedikit demi sedikit. Namun katanya, sebagai pengacara ia seringkali masih sulit membedakan antara kemenangan dan keadilan.

“Bagi saya pribadi harus berpekara kalah atau menang, itu yang susah bagi profesi pengacara. Kita harus akui bisnis pengacara, kadang susah tercampur antara kemenangan dan keadilan. Sebagai pengacara normal yang penting klien menang. Sehingga kita tidak bahagia, subuh-subuh mikir kalau klien kalah bisa stres dua bulan,” katanya.

Menanggapi curhatan tersebut, Aa Gym pun menyarankan agar Hotman perlahan benar-benar pensiun.

“Abang punya hati baik. Dunia sudah dikasih, pensiun, sudah 60 tahun. Kalau saran saya, sudah usia ini. Kalau Nabi Muhammad 63 tahun meninggal. Sahabatnya juga 63 tahun. Jadi makanya saya umur 63 tahun harus siap. Tiap hari mikir yang baik, karena Allah tidak menyimpan kebaikan kecuali kebaikan, kan sudah hidup 60 tahun. Harus jujur mau hidup bahagia,” ungkap pemilik Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu.

Tak sampai di situ, Aa Gym juga memberi wejangan soal kematian. “Sudah lebih tiga per empat (hidup di dunia). Tinggal hidup bermanfaat. Kalau sudah tua masih centil, pontang panting untuk dunia, dimana kira merasa bahagia yang asli? Kita enggak bisa bohong. Ingat mati itu bagus, harus banyak ingat kematian,” ujarnya.

Hotman pun mengamini pernyataan Aa Gym. “Saya sudah merasakan, terutama di puncak karir sukses, saat corona ini pada akhirnya kita harus menyesuaikan dengan suara hati kita. Ini filsafat hidup yang benar. Mudah-mudahan godaan tidak terlalu kuat sehingga tidak melenceng lagi. Terima kasih Pak Haji, 99 persen saya setuju,” kata Hotman.

Seperti diketahui, meski menganut agama Krsiten, Hotman sendiri dikenal dekat dengan tokoh-tokoh muslim dan para ulama. Ia bahkan pernah diminta Gus Sholah untuk berceramah di Pesantren Tebuireng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini