Peringatan Bagi Jemaah Umrah, Udara Panas di Mekah Mencapai 49 Derajat Celsius

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEDDAH – Peringatan bagi jemaah umrah Indonesia. Cuaca panas saat ini sedang terjadi di Mekah dan Madinah.

Suhu bisa mencapai 49 derajat Celsius.

Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi mengumumkan bahwa suhu hingga 49 derajat Celsius dan angin berdebu aktif akan melanda sebagian besar wilayah Arab Saudi mulai Jumat hingga Senin, 13-16 Mei 2022.

Saudi Gazette pada Sabtu 14 Mei 2022 melaporkan wilayah Mekah dan Madinah akan mengalami gelombang panas, dengan suhu maksimum mencapai 46-49 derajat Celsius.

Efek gelombang panas akan meluas ke bagian pantai Yanbu, Rabigh, Jeddah dan pantai Umluj selatan wilayah Tabuk. Gelombang panas dan angin berdebu aktif dapat menyebabkan jarak pandang (visibilitas) horizontal nol.

Dengan adanya gelombang panas ini, jemaah umrah perlu mempersiapkan peralatan tambahan seperti

  • Payung
  • Memakai tabir surya
  • Memilih tempat yang teduh dengan pendingin udara
  • Mandi dengan air hangat
  • Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Musim umrah bagi jemaah dari luar Kerajaan Arab Saudi berakhir tanggal 30 Syawal 1443 H atau 31 Mei 2022. Setelah itu, Arab Saudi akan mempersiapkan musim haji.

Sedangkan batas waktu pengajuan visa umrah adalah tanggal 15 Syawal atau 16 Mei.

Memasuki bulan Juni, sejumlah negara mulai mengirim jemaah hajinya ke Arab Saudi. Indonesia akan menerbangkan kloter pertama pada 4 Juni. Adapun puncak haji diperkirakan jatuh pada pekan kedua Juli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini