Wajib Ikuti! Inilah Tips Menolak Ajakan Bukber tanpa Membuat Teman Sakit Hati

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bukber sudah menjadi tradisi masyarakat di bulan Ramadan. Ketika bulan puasa datang, grup obrolan di aplikasi chat mulai dipenuhi dengan agenda buka bersama mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan grup kantor. Tujuannya adalah sekedar untuk temu kangen dengan teman lama dan menjalin silaturahmi.

Terkadang, ajakan untuk bukber terlalu banyak sampai-sampai kamu menghabiskan budget yang berlebih untuk buka bersama. Selain itu, kesibukan tugas juga mungkin tertunda.

Tidak jarang juga, bukber ini menjadi ajang gosip, julit dan pamaer. Akhirnya acara bukber menjadi sangat melenceng dari tujuan awalnya.

Bukannya mendapat pahala, malah dosa yang diperoleh karena membicarakan orang lain. Hal-hal tersebut terkadang membuat sungkan dan malas untuk mendatangi acara bukber.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk menolak ajakan bukber tanpa menyakiti hati teman yang lain.

  1. Jangan langsung menolak ajakan

Ketika mendapat ajakan untuk bukber namun kamu tidak ingin menghadiri acara tersebut, jangan langsung tolak ajakan tersebut mentah-mentah. Hal itu dapat melukai hati orang yang mengajakmu. Bilang jika kamu akan mempertimbangkan ajakan tersebut dengan melihat jadwal dan kerjaanmu terlebih dahulu. Hal itu tentu akan lebih mudah diterima oleh temanmu

  1. Gunakan kata “maaf” saat menolak

Ketika sudah memutuskan untuk menolak ajakan untuk datang ke acara bukber tersebut, ucapkanlah kata maaf karena tidak bisa hadir dan alasan tidak bisa hadir.. Dengan mengucapkan permintaan maaf, itu seperti menghargai ajakan dan teman-teman lain yang menghadiri acara tersebut.

  1. Tolak dengan alasan tepat

Jika ingin membuat alasan untuk menolak ataupun menghindari acara buka bersama, gunakan alasan yang tepat dan tidak menyinggung orang lain. Jika memang kamu sedang sibuk karena tugas kuliah atau pekerjaan kantor yang menumpuk, katakan yang sebenarnya. Jangan sampai menolak dengan mengucapkan alasan “malas” karena tentu itu tidak dapat dimaklumi. Kamu justru akan menjadi bahan pembicaraan di acara tersebut.

  1. Reschedule pertemuan

Untuk kamu yang masih merasa tidak enak hati karena menolak, kamu bisa mengusulkan reschedule acara tersebut lain kali ketika ada waktu. Mungkin hanya sekedar wacana, tapi hal itu membuat alasan absenmu akan lebih dipahami oleh mereka.

Itulah beberapa tips menolak ajakan buka bersama saat bulan ramadhan jika kamu tidak ingin menghadiri acara tersebut. Intinya, jangan tolak ajakan mereka dengan kasar. Tetap lah sopan ketika menolaknya.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Soal Wacana Hak Angket Bongkar Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Pakar Politik: Itu Tantangan Besar!

Mata Indonesia, Sleman - Usulan terkini untuk DPR mempertimbangkan hak angket guna menyelidiki potensi kecurangan dalam Pemilu 2024 semakin mendapatkan dukungan. Arya Budi, Pakar Politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), menyatakan bahwa rencana tersebut memiliki kemungkinan untuk direalisasikan dalam teori.
- Advertisement -

Baca berita yang ini