Tips Atasi Diare saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyakit diare pasti sangat menggangg saat menjalankan ibadah puasa. Biasanya penyakit ini muncul karena tidak menerapkan pola makan yang baik ketika buka puasa dan sahur.

Apa kamu pernah atau sedang mengalami diare saat puasa di bulan Ramadan ini? Jangan khawatir ya, kamu bisa coba 4 tips ini.

1. Memperbanyak mengonsumsi cairan seperti air putih
Kamu sebaiknya lebih memperbanyak konsumsi cairan khususnya air putih terutama saat sahur dan berbuka.

Misalnya minum 2 gelas air putih saat berbuka, 2 gelas sebelum salat tarawih, 2 gelas setelah salat tarawih, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur.

2. Konsumsi yoghurt sebelum tidur
Selanjutnya kamu bisa mengonsumsi yoghurt sebelum tidur atau sehabis buka puasa karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga dapat memperlancar makanan yang dicerna dalam saluran pencernaan. Kandungan bakteri probiotik dalam yoghurt juga dapat membasmi bakteri jahat yang terdapat pada sistem pencernaan.

Tapi jangan konsumsi yogurt dengan pemanis buatan dan pastikan tidak mengalami intoleransi laktosa terlebih dulu sebelum mengonsumsi yoghurt.

3. Mengonsumsi obat antidiare
Kalau cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa mengonsumsi obat diare yang mampu mengurangi gejala demi mempersingkat lama terjadinya diare. Biasanya loperamide jadi salah satu obat antidiare yang paling sering digunakan karena terbukti efektif dan memiliki efek samping yang sedikit.

4. Hindari makanan berlemak dan berminyak
Penting untuk memilih makanan untuk buka puasa dan sahur yang sehat. Lemak dapat memperparah gejala diare dan sakit perut, jadi kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti gorengan, makanan pedas, mentega.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini