Segudang Manfaat Kurma Ajwa, Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Kanker!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Buah kurma memang terkenal dengan buah dengan seribu manfaat. Banyaknya kandungan nutrisi penting di dalam buah kurma membuat buat itu baik untuk kesehatan tubuh danjuga dapat mencegah dari berbagai penyakit.

Salah satu kurma yang terkenal adalah kurma ajwa. Kurma ajwa biasa juga disebut dengan kurma nabi. Hal ini karena kurma ajwa pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW di sebelah Masjid Quba di Madinah.

Nabi Muhammad SAW menyarankan umatnya untuk mengonsumsi kurma. Ia menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi kurma untuk berbuka puasa.

Warna kurma ajwa lebih gelap dan pekat daripada kurma lainnya, yang biasanya berwarna cokelat. Bila dibandingkan dengan kurma lainnya, ukuran kurma ajwa lebih kecil. Meskipun kecil, khasiat kurma ajwa tidak main-main. Dikutip dari SehatQ, kurma ajwa dianggap sebagai salah satu yang memiliki paling banyak mineral.

Lantas, apa saja manfaat kurma ajwa untuk kesehatan?

  1. Baik untuk kesehatan organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan hati

Mengonsumsi kurma ajwa dengan teratur dapat menghentikan penyempitan pembuluh darah serta memperkuat dan meningkatkan fungsi jantung. Kandungan magnesium yang ada di dalam kurma ajwa membantu menjaga ritme jantung.

Mengonsumsi kurma ajwa dengan rutin juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan dalam kurma ajwa dapat mengatur tekanan darah dan membantu ginjal berfungsi dengan baik.

Selain sehat untuk jantung dan ginjal. Konsumsi rutin kurma ajwa juga baik untuk menyehatkan organ hati. Kandungan buah ini bisa melindungi hati dari toksik dan kerusakan.

  1. Meningkatkan imun

Kurma ajwa juga berfungsi sebagai antioksidan. Jika kamu mengonsumsi kurma ajwa secara rutin dengan jumlah yang pas, maka hal itu dapat memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal berbagai infeksi. Nabi Muhammad SAW sendiri menyarankan untuk mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil.

  1. Aman untuk gula darah

Kurma ajwa mengandunggula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi. Buah ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehinggs tidak mengakibatkan peningkatan gula darah.

  1. Mencegah berbagai penyakit

Mengonsumsi kurma ajwa dapat mencegah tubuh dari beberapa penyakit seperti aterosklerosis, kanker, serta anemia. Aterosklerosis adalah penyakit yang terjadi akibat penumpukan lemak, kolesterol, di dinding arteri yang menyebabkan terhalangnya aliran darah.

Jika pecah maka akan menyebabkan oklusi akut arteri. Ateroklerosis merupakan faktor penyakit jantun dan stroke. Dengan konsumsi rutin ajwa, dapat membantu mencegah penyakit tersebut

Khasiat kurma ajwa juga dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan selenium dan beberapa nutrisi lain di dalam kurma ajwa dapat mencegah tumbuhnya kanker.

Selain itu, ajwa juga dapat mencegah anemia. Hal ini karena kurma ajwa kaya akan zat besi. Kurma ajwa cocok untuk dijadikan pengobatan alternatif anemia untuk menambah produksi sel darah merah dalam tubuh.

Selain manfaat di atas, kurma ajwa juga baik untuk kesehatan tulang, gigi dan mata. Mengonsumsi kurma ajwa baik untuk tubuh dan dapat membantu proses pencernaan. Nah, itu dia segudang manfaat mengonsumsi kurma ajwa yang kaya akan khasiat untuk tubuh.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini