Saat Sahur Hindari 5 Makanan Ini karena Bikin Cepat Lapar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Makan sahur merupakan salah satu sunah puasa yang dianjurkan. Makan sahur menjadi bagian penting untuk mendapat asupan energi selama berpuasa.

Nah, penting bagi seseorang memperhatikan menu untuk makan sahur. Makanan dengan gizi seimban akan memberi energi dan rasa kenyang lebih lama. Namun, ada sejumlah makanan yang justru dapat membuat Anda cepat lapar. Makanan-makanan ini harus dihindari saat sahur.

Berikut 5 makanan yang bisa bikin cepat lapar dan perlu dihindari saat sahur, apa saja?

  1. Makanan manis

Makanan manis seperti gula dan semua olahannya sangat adiktif karena pelepasan dopaminnya yang tinggi. Makanan yang dimaniskan baik dengan pemanis buatan hingga gula tebu organik, semuanya dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Saat sahur sebaiknya hindari makanan manis seperti permen, roti manis, atau minuman manis.

Mengonsumsi gula seperti fruktosa dapat meningkatkan rasa lapar. Efek ini juga dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makan berlebih yang kemudian memicu penambahan berat badan. Selain itu, konsumsi fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap leptin, hormon penting yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh untuk berhenti makan.

  1. Makanan asin

Studi menunjukkan bahwa makanan asin meningkatkan rasa lapar, karena kebutuhan energi yang lebih tinggi untuk memrosesnya. Makanan asin juga dapat memicu rasa haus dan dehidrasi. Makanan yang mengandung banyak garam termasuk makanan olahan, seperti camilan asin dan sup instan.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak garam diklaim dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian observasional juga telah mengaitkan asupan garam tinggi dengan peningkatan risiko kanker lambung.

  1. Makanan rendah serat

Serat berperan memperlambat penyerapan makanan yang dikonsumsi dari perut ke dalam aliran darah. Ketika makanan rendah atau kurang serat, mereka melakukan perjalanan dengan cepat melalui perut dan masuk ke dalam darah sehingga menyebabkan lonjakan insulin darah. Makanan yang dapat mempercepat respons insulin akhirnya membuat tubuh cepat lapar dalam jangka panjang.

Diet rendah serat juga dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, cenderung mengandung banyak air dan rendah kalori. Makanan berserat tinggi dapat memicu rasa kenyang lebih lama dan menghidrasi tubuh selama berpuasa.

  1. Fast food

Fast food atau makanan cepat saji merupakan paket lengkap dari gula, lemak, dan garam. Semua komponen ini dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Fast food kaya akan kalori ekstra dan sedikit nutrisi.

Kombinasi lemak, gula, dan banyak sodium (garam) dapat membuat makanan cepat saji terasa lebih enak bagi sebagian orang. Tetapi diet tinggi natrium dapat menyebabkan retensi air. Ini juga bisa memicu rasa haus berlebih.

  1. Makanan dengan MSG

MSG mungkin bisa menjadi pilihan untuk menyedapkan masakan. Namun, jika dikonsumsi saat sahur, makanan dengan MSG dapat memicu lapar dengan cepat. MSG, atau monosodium glutamat telah terbukti secara kimia memicu nafsu makan. MSG bisa memengaruhi leptin, hormon yang membantu mengatur tubuh dengan menghambat rasa lapar.

Hormon leptin diproduksi oleh sel-sel lemak tubuh, dan memberitahu otak bahwa tubuh memiliki cukup lemak yang tersimpan. Dengan kata lain, leptin memberitahu tubuh untuk tidak perlu makan lebih banyak dan mengurangi rasa lapar. Dengan mengonsumsi makanan ber-MSG, hormon ini akan terganggu dan memicu rasa lapar berlebih, bahkan sesaat setelah makan.

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih M’news. Artikelnya bermanfaat untuk saya dan keluarga. Membaca artikel ini membuat saya menyadari bahwa selama ini saya masih mengkonsumsi makanan yang sering memicu cepat lapar. Semoga esok lusa, saya bisa memilih makanan yang tidak mudah memicu lapar saat sahur. #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini