Hukum Bayar Zakat Fitrah Online

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAZakat fitrah merupakan kewajiban umat muslim yang harus dilakukan saat bulan Ramadan. Bolehkan bayar zakat secara online?

Pada masa sekarang, muncul berbagai lembaga amil zakat (LAZ) yang turut membantu penyaluran harta zakat. Rata-rata pembayaran zakat dari muzakki ke LAZ dapat dilakukan secara tunai dan transfer (online).

Pembayaran zakat secara online ini menimbulkan pertanyaan salah satunya amil tidak bisa melakukan doa sebagai tanda terima zakat dari muzakki karena tidak bertatap muka.

Ijab qabul bukan menjadi syarat sah zakat. Dalam berzakat, unsur terpentingnya yaitu adanya muzakki, harta zakat, dan mustahiq. Sementara itu pernyataan zakat dan doa penerima zakat memang unsur penting, tapi tidak harus ada.

Bagaimana hukum membayar zakat dengan uang secara online atau digital?

Dilansir dari berbagai sumber, zakat fitrah online sama seperti zakat fitrah biasanya sehingga hukumnya wajib. Menurut Yusuf Al Qaradhawi dalam Fiqh al-Zakat mengemukakan, pemberi zakat tidak mesti menyatakan secara terbuka pada mustahiq jika dana yang akan diberikan merupakan dana zakat.

Berdasarkan hal ini maka pembayaran dana dari muzakki tetap sah, tanpa perlu menyatakan pada penerima zakat jika uang yang diserahkannya adalah zakat. Sehingga, muzakki bisa menyerah dana zakatnya secara online.

Zakat online tetap dianggap sah bila sudah ada niat berzakat dari muzakki dan terjadi perpindahan harta ke mustahiq melalui amil.

Bagi yang ingin membayarkan zakat fitrah secara online, bisa melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Berikut tata cara bayar zakat fitrah secara online lewat baznas:

1. Buka laman baznas.go.id

2. Klik tulisan bayar zakat di pojok kanan atas

3. Lalu pilih zakat dan zakat fitrah, di kolom jenis dana

4. Isi jumlah nominal zakat fitrah yang akan dibayarkan

5. Lalu lengkapi data diri yakni; nama, nomor telepon, dan alamat email.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini