Di Usia Berapa Idealnya Anak Belajar Puasa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa Ramadan menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat Islam yang sudah akil balig. Usia berapa idealnya anak mulai puasa?

Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, serta segala sesuatu yang membatalkannya. Dari terbit fajar, sampai terbenamnya matahari.

Mengenai ibadah puasa, tidak hanya orang dewasa yang akan berpuasa karena memang diwajibkan berpuasa. Beberapa keluarga juga akan mengajarkan anaknya untuk berpuasa di bulan Ramadan mulai dari puasa setengah hari sampai sehari penuh.

Mengenai puasa untuk anak, kira-kira sebaiknya mulai usia berapa diajarkan berpuasa? Mungkinkah puasa yang dilakukan di usia belia akan memengaruhi tumbuh kembang anak?

Sebelum mengajarkannya berpuasa, pastikan dulu bahwa anak memiliki kesehatan baik. Pastikan juga memiliki berat badan ideal atau tidak terlalu kurus. Jangan lupa untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangannya.

Selama memiliki pertumbuhan, perkembangan dan berat badan normal serta tidak ada masalah pada kesehatannya, ia bisa memulai untuk belajar puasa.

Umumnya, anak perempuan bisa mulai belajar berpuasa saat usianya mencapai 10 tahun. Ditandai dengan datangnya haid atau menstruasi. Sedangkan bagi laki-laki biasanya pada usia 11 tahun ke atas yang ditandai dengan mimpi basah.

Saat mengajarkan anak berpuasa, sebaiknya secara bertahap. Mulailah dengan meminta berpuasa seperempat hari, sepertiga hari, setengah hari hingga sehari penuh.

Agar nutrisi terpenuhi selama puasa, pastikan untuk memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Perbanyak makanan dengan kandungan karboidrat, vitamin dan protein.

Jangan lupa meminta anak menghidrasi tubuhnya dengan baik saat sahur maupun buka puasa. Yang terpenting lagi, hindarkan dari makanan atau minuman yang mengandung kafein serta lemak berlebih.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini