Dehidrasi Saat Menjalani Puasa? 5 Makanan Ini Bisa Membantu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dehidrasi saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan terjadi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Selain minum air putih, asupan cairan juga bisa diperoleh dari konsumsi makanan berupa buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi.

Para ahli merekomendasikan asupan cairan sebanyak 8 gelas per hari atau 1,8 liter. Maka, 5 buah ini dinilai bisa memiliki asupan cairan yang cukup sehingga bisa mencegah dehidrasi.

Pertama, yaitu semangka. Buah ini mengandung 92 persen air sehingga membantu supaya cepat kenyang. Kombinasi air dan serat bisa sama halnya dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Kedua, yaitu stroberi. 91 persen berat stroberi berasal dari air maka dengan memakannya bisa memberikan kontribusi pada asupan air bagi tubuh. Menurut Healthline, serat dan antioksidan yang ada pada stroberi bisa menangkal penyakit.

Maka dianjurkan untuk memkannya secara teratur untuk melindungi dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan berbagai jenis kanker.

Ketiga, yaitu buah persik karena mengandung 90 persen air. Tidak hanya itu, vitamin A, vitamin C dan vitamin B serta kalium juga terdapat dalam buah ini. Kulitnya pun bisa menangkal penyakit seperti asam klorogenat ke dalam makanan.

Keempat, buah jeruk juga mengandung cairan yang bermanfaat untuk kesehatan. Hampir setengah cangkir (118 ml) air dan serat ada dalam buah ini. Vitamin C dan kalium juga bisa meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung.

Kelima, yaitu mentimun. Makanan sehat ini dinilai bisa mencegah dehidrasi karena hampir seluruhnya mengandung air. Mentimun termasuk sayuran yang rendah kalori karena hanya ada 8 kalori dalam setengah cangkir (52 ml) porsi, dan kandungan airnya membuat sangat menyegarkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini