Dear Moms, Ini Cara Sehat Menyimpan Makanan Sisa untuk Sahur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di bulan Ramadan ini, menyiapkan makananan tentu menjadi hal yang harus dilakukan para ibu di rumah. Mulai dari menu untuk buka puasa hingga santap sahur.

Namun, sering kali kita kehabisan ide dan memutuskan untuk sahur dengan makanan sisa. Padahal, makanan yang disimpan dan dihangatkan sudah tak memiliki nutrisi yang baik lho!

Walaupun bahan-bahannya menyehatkan, makanan yang sudah terlalu lama disimpan bisa berbahaya bagi tubuh. Daya tahan makanan biasanya lebih singkat lagi pada suhu ruangan. Setelah beberapa hari, mikroba seperti bakteri atau jamur akan mulai tumbuh pada makanan.

Jangan sedih moms, meski begitu kamu tetap bisa kok menyimpan dan menghangat makanan sisamu. Biar sehat, yuk intip cara berikut agar makanan sisa bisa kamu konsumsi untuk sahur di rumah.

1. Pastikan Suhu Kulkas Dingin

Hal pertama ialah memasikan suhu kulkasmu. Periksa kulkas dan pastikan suhunya sudah cukup dingin sebelum menyimpan makanan.

Dilansi Hello Sehat, langkah ini amat penting karena tidak semua kulkas dan freezer memenuhi standar suhu untuk menyimpan makanan yang tersisa. Suhu lemari pendingin sebaiknya berkisar antara 4-5 derajat Celsius, sedangkan suhu freezer ada pada angka -18 derajat Celsius.

2. Gunakan Wadah Kedap Udara

Jika memutuskan menyimpan makanan sisa, pastikan wadah yang digunakan kedap udara. Pasalnya, makanan sisa tentu akan rentan dihinggapi bakteri dan kuman.

Jangan sampai ada ruang udara antara satu wadah makanan dengan wadah yang lain. Dengan cara ini, suhu dingin bisa mencapai makanan Anda dengan lebih mudah.

3. Tidak Menggunakan Sendok Bekas untuk Mengambil Makanan

Selanjutnya ialah menghindari menggunakan sendok bekas mulut saat mengambil makanan ya! Selain mengotori makanan, sendok bekas pakai bisa membuat makanan jadi mudah basi.

Maka, penting untuk menggunakan sendok khusus saat mengambil makanan.  Selalu jaga kehigienisan makananmu ya!

4. Segera Disimpan

Satu lagi yang harus dilakukan ialah segera menyimpan makanan. Jika berkeinginan menghangatkan makanan sisa untuk sahur, pastikan hidangan itu segera kamu simpan dalam kulkas.

Jika ditunda, bisa jadi sudah ada bakteri yang hinggap di makanan tersebut. Untuk itu, jangan tunda menyimpan makanan sisamu ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini