Berkah! Ini Kegiatan Ngabuburit Berpahala di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ngabuburit di bulan Ramadan menjadi waktu yang menyenangkan dan dinantikan. Menunggu waktu berbuka kerap dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Biasanya, ngabuburit diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Namun selain bermanfaat, ngabuburit lebih pas jika diisi dengan kegiatan berpahala. Berikut tiga rekomendasi kegiatan ngabuburit berpahala yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan.

  1. Tadarus

Bagi seorang Muslim yang berpuasa di bulan Ramadan, ada baiknya mengisi waktu ngabuburit dengan mengaji serta belajar ilmu fiqih dan aqidah. Tadarus atau mengaji demi melengkapi ibadah dan mengkhatamkan Al-Quran sudah jelas akan mendatangkan pahala. Jika tadarusan dilakukan setiap hari, maka InsyaAllah kamu bisa menyelesaikan 30 juz dalam 30 hari.

Ngabuburit dengan membaca Al-Quran agar bisa khatam selama 30 hari, ini sudah tentu menjadi kegiatan yang sangat direkomendasikan.

  1. Mendengarkan Ceramah

Mendengarkan ceramah tidak hanya dapat dilakukan di majelis taklim, namun bisa juga dilakukan di rumah melalui video di Youtube. Kamu bisa mendengarkan ceramah ustaz dan ustazah favorit melalui ponsel bersamaan dengan kegiatan lain, semisal saat perjalanan pulang dari tempat kerja, persiapan atau memasak untuk berbuka puasa. Hal ini bertujuan untuk memperdalam ilmu agama Islam.

  1. Berbagi Takjil

Kegiatan amal tidak harus identik dengan memberikan uang, kamu bisa melakukan kegiatan amal di bulan Ramadan dengan berbagi takjil gratis.

Takjil merupakan makanan ringan atau makanan pembuka sebelum beranjak ke makanan berat. Berbagai macam takjil bisa kamu bagikan, seperti gorengan, kolak, atau macam-macam es. Kemudian takjil ini dapat dibagikan gratis di pinggir jalan kepada orang yang kurang beruntung, kamu juga bisa membagikannya ke panti asuhan atau panti wreda.

Untuk memperbanyak amal di bulan Suci Ramadan, rekomendasi diatas bisa kamu jadikan pilihan sebagai kegiatan ngabuburit yang berpahala, ya.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini