7 Menu Buka Puasa Khas Mancanegara

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Kalau di Indonesia ada kolak sebagai menu berbuka puasa, negara-negara lain juga punya hidangan khas selama bulan Ramadan.

Jenis makanan ini bisa dibawa para imigran yang ingin mencicipi hidangan kampung halaman saat berpuasa. Seperti apa lezatnya hidangan Ramadan dari berbagai mancanegara? Berikut beberapa di antaranya.

1. Hyderabadi Haleem – India
Haleem merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari di India. Selain populer di kala Ramadan, Hyderabadi haleem juga biasa disajikan saat pesta pernikahan. Makanan yang biasa disantap untuk buka puasa ini berupa rebusan yang terdiri dari daging, lentil, dan gandum tumbuk yang dibuat menjadi pasta kenta

2. Bubur Lambuk – Malaysia
Bubur lambuk bisa disebut hidangan wajib saat Ramadan di Malaysia. Makanan ini terbuat dari daging, santan, dan beragam jenis rempah. Para pedagang di pasar Ramadan pun banyak yang menjajakan makanan ini.

3. Nasi Briyani – Singapura
Nasi Briyani merupakan menu makanan khas Asia Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Hidangan ini bisa kamu temukan dengan mudah di Singapura.

Kalau ingin merasakan berbuka puasa di sini, maka menu makanan yang satu ini akan kamu jumpai sebagai menu untuk buka puasa yang sangat digemari umat Muslim di Singapura.

4. Gullac – Turki
Menu ini menjadi menu buka puasa di Turki yang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadan. Gullac merupakan menu favorit umat Islam di Turki. Keunikan dari gullac adalah rasanya yang manis dan diberi siraman air mawar sebagai penambah aroma.

5. Samosa – Pakistan
Kalau di Indonesia punya gorengan yang biasa dijadikan menu buka puasa, samosa juga menjadi menu berbuka puasa yang paling terkenal di Pakistan. Kulitnya yang garing serta isiannya yang beragam mulai dari daging kambing, sapi, hingga ayam sangat menggugah selera.

6. Medames – Mesir
Ful Medames merupakan menu makanan khas Mesir yang terbuat dari rebusan kacang lava, minyak sayur, jintan putih, bawang putih dan bombay, perasan lemon, dan cabai. Biasanya disajikan saat sarapan, namun saat Ramadan, menu ini menjadi andalan saat berbuka puasa.

7. Shorbat Adas – Palestina
Kali ini ada menu buka puasa dari Palestina yang unik juga nih. Shorbat Adas merupakan menu makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti kacang lentil, sayuran, kaldu, dan juga rempah. Biasanya diatasnya ditambahkan roti gandum dan susu.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini