6 Nama Buah yang Tercatat dalam Al-Quran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada enam nama buah-buahan yang tercatat dalam Al-Quran. Keenam buah tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Buah-buahan memiliki banyak bentuk, warna, dan rasa. Setiap jenis buah-buahan punya manfaat berbeda-beda untuk tubuh. Masing-masing buah punya kelebihan sendiri.

Berikut 6 nama buah yang tercatat dalam Al-Quran

1. Kurma
Kurma adalah buah yang identik dengan negara timur tengah tempat di mana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Tdak heran buah satu ini disebut paling banyak di dalam Al Quran.

Tercatat ada 22 ayat yang menyebut nama buah kurma. Salah satunya adalah surat Ya Sin ayat 34.

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ
وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ

Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, (QS. Ya Sin: 34)

Tidak hanya itu, buah kurma juga sangat istimewa karena buah ini disebut sebagai salah satu buah yang ada di dalam surga.

Kurma segar memiliki kandungan 2.2 persen protein dan juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Kurma juga memiliki kepadatan energi tinggi sehingga dapat memberi energi dalam jangka waktu panjang.

2. Buah Anggur
Buah Anggur menjadi favorit bagi sebagian masyarakat. Bahkan buah ini sudah ada sejak zaman Nabi Nuh AS. Di dalam Al Quran, buah anggur disebut sebanyak 14 kali.

Ini membuatnya jadi nama buah kedua yang disebut paling banyak di dalam kitab suci. Salah satu ayat yang membahas anggur adalah:
فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ

Lalu dengan air itu, kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan, (Al-Muminun: 19)

3.Buah Zaitun
Buah zaitun yang sudah matang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi. Buah ini sangat baik untuk membantu mengobati penyakit jantung. Ini karena Zaitun punya kandungan Hydroxytyrosol yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Karena manfaatnya yang besar, tidak heran Al Quran menyebut buah ini di salah satu ayatnya yaitu:

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِإِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. An-Nahl: 11)

4. Buah Tin
Dalam Al-Quran juga disebut buah tin. Walaupun jarang di temukan diindonesia namun buah ini banyak ditemukan di Asia Barat. Buah tin hanya disebut satu kali di dalam Al Quran yaitu bersama buah zaitun, yaitu pada ayat:
وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ
Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, (QS. At Tin: 1)

5. Buah Delima
Buah delima adalah salah satu buah yang unik. Bentuknya seperti jambu biji namun warnanya merah cerah. Daging buah ini berbentuk biji-bijian kecil yang rasanya manis dan bertekstur.

Salah satu ayat di dalam Al Quran yang menyebutkan buah delima adalah:
وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
(QS. Al-An’am: 141)

Reporter: Puri Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini