6 Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu ibadah yang hanya dikerjakan di bulan Ramadan selain puasa adalah salat tarawih. Ada banyak keutamaan dari salat tarawih.

Karena hanya dilakukan di bulan Ramadan, maka tarawih menjadi sangat istimewa bagi umat Islam yang mau mengerjakannya.

Salat tarawih merupakan salah satu kegiatan sunah yang dilaksanakan hanya pada bulan Ramadan setelah salat Isya.

Salat tarawih juga bisa dikerjakan di rumah sendiri maupun berjemaah di masjid. Pelaksanaannya pun bisa dalam 2 cara yaitu 11 rakaat dan 23 rakaat.

Berikut 6 keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan

1. Diampuni dosa
Salah satunya keutamaan tarawih pada malam hari di bulan Ramadan adalah dapat pengampunan dosa. Selain menggugurkan dosa, tarawih juga akan dijamin dapat pahala yang berlimpah.

2. Istimewa bagi Rasulullah SAW
Setiap malam hari di bulan Ramadan, Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat dan diikuti oleh banyak umat muslim. Sehingga di pagi hari selesai salat Subuh beliau berkata: “Sesungguhnya aku tahu kemampuan kalian. Akan tetapi aku ragu bila salat Tarawih itu diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mengerjakannya,” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

3. Melapangkan Rezeki
Keutamaan salat tarawih berikutnya adalah bisa melapangkan rezeki bagi yang menjalankan, terutama bila dilakukan secara berjemaah.

4. Berkah di Bulan Ramadan
Mendapatkan berkah melimpah adalah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan. Salat tarawih berjemaah akan menambah suasana bahagia. Keberkahan dari salat tarawih ini pun bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di bulan Ramadan.

5. Menyelamatkan kekurangan ibadah wajib
Ibadah sunah seperti salat tarawih akan membantu menyelamatkan seseorang kelak dari kecacatan ibadah wajibnya yang tak sengaja atau telah dilalaikannya.

6. Berpahala salat berjemaah
Melaksanakan salat tarawih lebih berpahala bila dilaksanakan berjemaah, karena pahalanya dilipatgandakan. Salat tarawih adalah sunah, dan boleh dikerjakan sendiri atau berjemaah.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini