Wow, India Temukan Golongan Darah yang Kebal Covid-19?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lembaga penelitian India, Council of Scientific Industrial Research (CSIR) telah melakukan survey untuk menemukan golongan darah yang rentan terhadap pandemi Covid-19.

Mengutip dari India, orang dengan golongan darah O ternyata kurang rentan terhadap paparan virus corona penyebab Covid-19, sementara orang dengan golongan darah B dan AB rentan terhadap virus.

Adapun, survei dilakukan oleh tim yang terdiri dari 140 dokter ini menggunakan sampel 10.427 orang. Hasilnya, tingkat penularan rendah bagi golongan darah O sementara golongan darah AB menduduki peringkat tertinggi dalam penularan diikuti golongan darah B.

Uniknya, studi menemukan bahwa kebiasaan merokok justru menjadi benteng pertahanan karena menghasilkan produksi mukus.

“Merokok diketahui sangat merusak kesehatan dan dikaitkan dengan berbagai penyakit dan pengamatan ini tidak boleh dianggap sebagai dukungan, terutama mengingat bahwa hubungan tersebut tidak terbukti menjadi penyebab,” kata peneliti, dikutip dari Wio News.

Meski demikian, studi ini dinilai masih hasil awal yang belum lulus penelusuran sejawat atau peer review.

Sebagai informasi, India saat ini menghadapi gelombang kedua Covid-19 dengan tingkat penularan yang tinggi. Mengutip dari Worldmeters, hingga 30 April 2021, terdapat 18,754 juta kasus positif Covid-19 di India. Kondisi ini menjadikan India sebagai negara kedua terbesar kasus positif Covid-19 setelah Amerika Serikat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini