Waspada Banjir, BMKG: Aceh dan Papua Bakal Alami Hujan Lebat

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan adanya peningkatan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di Sumatera bagian tengah hingga Papua. Hal ini disebabkan adanya peningkatan aktivitas fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rosby Wave).

Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R Prabowo mengatakan dari hasil tinjauan kondisi atmosfer terkini, dalam periode beberapa hari ke depan diidentifikasi adanya peningkatan aktivitas fenomena gelombang atmosfer yang dapat meningkatkan potensi udara basah di sebagian wilayah Indonesia, seperti di Sumatera bagian tengah, Kalimantan Barat dan Timur, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Sementara itu, pembentukan pola sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Pasifik Timur Filipina dapat menyebabkan terbentuknya pola belokan angin, perlambatan, dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sulawesi memanjang hingga Maluku Utara,” ujarnya, Selasa 9 Juli 2019.

Kondisi itu disebutkan dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat untuk periode 9-11 Juli 2019. Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Kepulauan Nias, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Selanjutnya adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Selain potensi hujan lebat, BMKG memprediksi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan. Disebutkan dapat terjadi gelombang tinggi 2,5-4 meter.

Potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter diperkirakan terjadi di wilayah perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh hingga Bengkulu, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTT, Samudra Pasifik utara Halmahera, Laut Arafuru.

Mulyono mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini