Warga DIY: Cabut Pernyataan Klaim Kepulauan Riau!

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Elemen masyarakat DIY yang tergabung dalam Aliansi Ormas Pembela Tanah Air (ALOR PETA) DIY dan Paksi Katon melakukan aksi bela Tanah Air.

Aksi ini muncul setelah pernyataan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohammad terkait Kepulauan Riau yang seharusnya masuk wilayah Malaysia. Elemen masyarakat DIY tersebut meminta Mahathir mencabut pernyataannya terkait Kepulauan Riau di halaman DPRD DIY, Jumat, 23 Juni 2022.

Koordinator ALOR PETA DIY Dani Eko Wiyono mengatakan, tindakan Mahathir Mohammad yang mengklaim Kepulauan Riau bagian dari Malaysia, adalah sebuah kesengajaan. Hal ini menurut dia harus mendapat perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat agar tidak terus berlanjut dan membentuk opini publik.

“Saya sebagai rakyat Indonesia tidak bisa menerima hal tersebut. Kami merasa terusik, dan bersuara untuk tetap membela NKRI. Kami sepakat menjaga NKRI sampai mati. Kami akan melawan siapapun yang mengganggu NKRI. Kami tidak dibiayai partai apapun, atau hal-hal politis apapun,” katanya.

“Kami menyatakan sikap, menuntut Mahathir Mohammad untuk mencabut pernyataannya. Kami bersama pemerintah untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Suhud, dari Paksi Katon mengatakan pernyataan Mahatir terkait Kepulauan Riau jelas sengaja untuk memperkeruh suasana harmonis Indonesia dan Malaysia.

Ia menilai, bersatunya Indonesia dan Malaysia dalam hubungan baik membuat banyak pihak khawatir sehingga terus berusaha membuat hubungan merenggang.

“Hal ini adalah upaya coba-coba untuk mengusik NKRI. Indonesia dan Malaysia itu betul-betul satu rumpun. Kalau hal ini terpelihara maka jadi kekuatan luar biasa. Kami melihat ada pihak luar yang berusaha memecah belah Indonesia dan Malaysia,” katanya.

Aksi damai di halaman DPRD DIY berlangsung tanpa penjagaan. Aksi tersebut berakhir dengan tertib.

Reporter: M Fauzul Abraar 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini