Waduh, Taliban Temukan ‘Harta Karun’ di Rumah Mantan Wapres Afghanistan

Baca Juga

MATA INDONESIA, KABUL – Kelompok Taliban menemukan ‘harta karun’ berupa uang tunai senilai 6 juta USD atau sekitar 85 miliar Rupiah dan setidaknya 15 emas batangan di rumah mantan Wakil Presiden (Wapres) Afghanistan, Amrullah Saleh.

Sebagaimana diketahui bahwa Saleh merupakan Wakil Presiden Afghanistan era Presiden Ashraf Ghani. Melansir Khaama Press, Saleh mendeklarasikan diri sebagai Presiden Afghanistan sementara setelah Ghani melarikan diri ke Uni Emirat Arab pada pertengahan Agustus.

Kantor berita Afghanistan membagikan video yang diedarkan sebelumnya di media sosial. Dalam video tersebut kelompok Taliban mendemonstrasikan ‘harta karun’ yang ditemukan di kediaman Saleh.

“Sejumlah besar uang telah ditemukan di rumah wakil presiden di pemerintahan Ashraf Ghani yang gagal,” sebuah sumber Taliban mengkonfirmasi kepada Sputnik, Selasa, 14 September 2021.

Amrullah Saleh mengklaim kekuasaan dan tugas presiden pada 17 Agustus 2021, tak lama setelah Taliban menguasai Kabul dan memaksa Presiden Ashraf Ghani melarikan diri serta pemerintah yang didukung Barat dibubarkan.

Saleh telah menjabat sebagai Wapres Afghanistan sejak Februari 2020. Ia juga pernah menempati posisi Menteri Dalam Negeri Afghanistan periode 2018-2019 dan menjabat sebagai Kepala Direktorat Keamanan Nasional tahun 2004-2010.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini