Waduh, Ribuan Senjata Api Curian Militer AS Digunakan untuk Kejahatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Associated Press merilis laporan mengejutkan. Di mana laporan tersebut mengungkap setidaknya 2,000 senjata api militer Amerika Serikat (AS) dicuri sepanjang tahun 2010 dan dicurigai digunakan dalam tindak kejahatan.

Di bawah proposal Kongres, Departemen Pertahanan AS akan meminta anggota parlemen dan penegak hukum sipil untuk lebih terdidik tentang bagaimana senjata dicuri dari gudang senjata militer, gudang dan pengiriman.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada para senator bahwa ia akan mencari perbaikan sistematis, terlepas dari apa yang dilakukan Kongres, untuk menyelesaikan masalah dengan cara militer. Sementara   juru bicara Marinir dan Angkatan Darat AS mengatakan cabang mereka akan membuat perubahan untuk pelacakan yang lebih baik.

Anggota parlemen Senat dan DPR menanggapi masalah ini dengan menulis akuntabilitas yang lebih ketat ke dalam Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional dan, dalam beberapa pekan mendatang, akan membandingkan undang-undang setiap otoritas. Setelah mencapi kesimpulan, maka akan dibawa ke meja Presiden Joe Biden.

Kongres telah meminta briefing dimajukan pada 19 November, ketika juru bicara Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Marinir akan menanggapi langsung ke komite.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketika senjata terus menghilang, Departemen Pertahanan AS berhenti memberi tahu Kongres tentang sebagian besar pencurian. Berdasarkan penyelidikan, senjata yang dicuri termasuk granat, pistol, senapan serbu, dan senjata lain yang digunakan dalam kejahatan di seluruh dunia.

“Kami prihatin bahwa Kementerian Pertahanan tampaknya belum mengembangkan strategi yang koheren untuk meningkatkan kemampuannya dalam mempertanggungjawabkan senjata dan peralatan militer,” tulis para pemimpin Demokrat di Komite Pengawasan dan Reformasi DPR kepada Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan para pemimpin cabang layanan.

Surat itu juga berfokus pada teknologi yang digunakan beberapa unit Angkatan Udara dan Angkatan Darat untuk melacak senjata. Akan tetapi, hal itu dapat membuat musuh berteknologi rendah sekalipun mendeteksi pasukan AS.

Saat disematkan di senjata militer, tag identifikasi frekuensi radio tipis—RFID, demikian istilah teknologinya, dapat merampingkan jumlah dan distribusi senjata. Tetapi pengujian lapangan untuk AP menunjukkan bahwa, di luar gudang senjata, sinyal elektronik yang dipancarkan tag dapat menjadi suar pelacakan yang tidak diinginkan dari jarak yang lebih jauh daripada yang tampaknya disadari oleh beberapa angkatan bersenjata.

Kantor Menteri Pertahanan menyebut potensi pelacakan musuh sebagai masalah keamanan yang signifikan, dan saat ditanyai, Angkatan Laut mengatakan kepada Associated Press bahwa mereka akan meninggalkan teknologi senjata.

Namun, tag RFID digunakan dalam banyak aspek logistik militer dan anggota parlemen di komite meminta Pentagon untuk merinci seberapa luas teknologi tersebut digunakan dan untuk menjelaskan risiko keamanan yang ditimbulkan oleh penggunaan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini